Dalam rangka memberikan bekal untuk mahasiswa program Darmasiswa 2010, Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan Orientasi Mahasiswa Asing Program Darmasiswa RI Angkatan Tahun 2010/2011 se-Kota Malang pada Kamis (23/09). Orientasi yang diadakan di gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang ini diselenggarakan dalam bentuk penyampaian materi di ruangan dan selanjutnya disusul dengan kunjungan ke objek wisata Gunung Kawi.
Dalam kegiatan ini, peserta orientasi memeroleh berbagai materi, antara lain informasi rinci mengenai program Darmasiswa yang disampaikan oleh Isnandar selaku Pembantu Rektor IV. Pengenalan Budaya Indonesia dan Etika disampaikan oleh Gatut Susanto selaku salah satu tim Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) UM. Penyampaian Peraturan Akademik disampaikan oleh wakil dari pengelola program DS IKIP Budi Utomo. Setelah materi selesai disampaikan, peserta dijamu makan siang ala Indonesia. Setelah itu, mereka bersiap-siap melakukan kunjungan ke Gunung Kawi. Gunung Kawi sengaja dipilih menjadi tujuan wisata karena dianggap memiliki nilai-nilai budaya yang kental.
Program Darmasiswa adalah program pemerintah RI berupa pemberian beasiswa kepada mahasiswa asing dari negara-negara sahabat untuk belajar di Lembaga Pendidikan Tinggi Indonesia. Para peserta Darmasiswa akan memelajari bidang seni, tari tradisional, seni kriya, seni musik tradisional, dan bahasa Indonesia/ daerah dalam waktu satu tahun. Sedangkan kegiatan ini sendiri diadakan untuk memberikan bekal bagi mahasiswa asing peserta program Darmasiswa berupa informasi tentang program Darmasiswa, dunia pendidikan di Indonesia, dan perkembangan seni budaya Indonesia.
“Selama proses di sini, kami harap mahasiswa yang saya banggakan ini akan menyampaikan kesan yang baik tentang Indonesia pada rekan-rekan di negaranya,” ungkap Bapak Isnandar saat menyampaikan materi.Ris