Ikahimbi Kader Generasi Hijau UM

Satukan tekad dalam satu cita
Satukan beda dalam satu cinta
Makmurkan bumi Indonesia….

BTercermin dari larik tersebut kekuatan besar Ikatan Himpunan Mahasiswa Indobesia (Ikahimbi) untuk terus menjaga dan merumuskan solusi alternatif terhadap permasalahan lingkungan. Bertepatan dengan hari Lingkungan Hidup se-dunia yang jatuh pada 5 Juni, Ikahimbi yang juga merupakan wadah pengaderan konservatoris muda di seluruh Indonesia ini dengan bangga menyelenggarakan acara Youth Greeneration Week (YGW) 2011.
Berwarna-warni jas almamater memenuhi deretan kursi di Aula FMIPA UM. Mahasiswa Biologi dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia ini datang untuk mengikuti pembukaan acara YGW 2011. Acara YGW 2011 ini berlangsung selama lima hari, sejak Senin (06/06) sampai Jumat (10/06). Selama lima hari itu berlangsung serangkaian kegiatan yang terdiri dari seminar dan workshop, safari kampus, lokakarya pengaderan, aksi hulu DAS Brantas, dan wisata kota Batu.
Seminar dan workshop pada hari pertama dilaksanakan tepat setelah pembukaan berlangsung. Hadir sebagai pemateri workshop ialah Prof. Sutiman Bambang Sumitro dan Bapak Bandung Edy Suseno yang mengangkat isu tentang bagaimana sesungguhnya mahasiswa Biologi mengambil peran dalam masyarakat. Diikuti oleh antusiasme peserta, berbagai pertanyaan mengarah pada bagaimana mahasiswa Biologi berperan di masyarakat, sedangkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan masih dipandang sebelah mata. Dalam satu waktu itu juga, Dr. Luchman Hakim menegaskan dalam seminarnya tentang bagaimana mahasiswa Biologi lebih konservatif terhadap potensi bumi ini, khususnya air.
Acara yang bertujuan untuk menciptakan generasi muda hijau ini melibatkan beberapa kampus di Malang, di antaranya UM, Universitas Brawijaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Islam Malang, dan Universitas Muhammadiyah Malang. Selain tampak pada kepanitiaan, keterlibatan lima kampus ini juga tampak pada hari kedua, yaitu Safari Kampus.
Pada hari ketiga, lokakarya pengaderan menjadi bagian acara yang ditunggu-tunggu dalam YGW 2011 ini karena di dalamnya membahas bagaimana karakterisasi para kader-kader penerus Ikahimbi ke depannya. Dicapailah beberapa kesepakatan tentang syarat kader Ikahimbi, salah satunya adalah anggota yang dikaderkan pernah mengikuti lokakarya pengaderan tingkat jurusan.
Dengan tidak meninggalkan esensi hari Lingkungan Hidup, pada hari keempat, dilaksanakan aksi hulu DAS Brantas di daerah Arboretum, Batu. Pada delegasi dari berbagai PT tak sungkan untuk terjun langsung ke lapangan untuk melakukan monitoring sungai dan menanam beberapa pohon di daerah aliran sungai bagian hulu yang dianggap rawan erosi. Aksi ini didampingi langsung oleh Bapak Bambang Priyanom selaku Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) kota Batu. Di sela-sela kegiatan, beliau berpesan bahwa mahasiswa Biologi hendaknya menggunakan senjata yang dimilikinya untuk mengembangkan ekologi sebagai bentuk konservasi terhadap alam.Jul

Bagikan informasi ini: