Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Indonesia UM telah menyiapkan serangkaian acara untuk menyambut Bulan Bahasa dan Sastra (BBS) 2011. Pada Kamis (06/10) lalu, Lomba Adu Cinta Bahasa Indonesia (BI) SMA/MA/SMK se-Jatim menjadi pembuka rangkaian kegiatan tersebut. Berbeda dengan festival teater SMA yang tiap tahun menjadi agenda rutin, lomba ini adalah hal baru yang diusung dalam pelaksanaan BBS.
Penyelenggaraan Lomba Adu Cinta BI ini memiliki dua tujuan utama. “Untuk menginspirasi para pemuda-pemudi selaku pemakai penuh BI supaya bisa menerapkan berbahasa dengan baik dan benar dalam kehidupan serta untuk menumbuhkan minat pemuda pemudi terhadap BI,” terang Fammy Azmy Arrofi selaku ketua pelaksana.
Secara teknis, lomba ini terdiri dari tiga tahapan. Pada tahap pertama, setiap peserta mengerjakan 40 soal pilihan ganda dengan alokasi waktu 50 menit. Soal yang disajikan hanya mengenai lingusitik saja tanpa unsur sastra dan diformat layaknya SNMPTN. Para peserta yang lolos ke tahap dua menjalani tantangan yang lebih berbobot. Mereka harus mentransformasikan gambar berbentuk grafik ke dalam paragraf atau narasi. Selain itu, para peserta juga harus menyimak sebuah cerpen yang dibacakan oleh pihak panitia, lalu mengubahnya dalam bentuk puisi. Puisi yang dihasilkan kemudian dibacakan di depan juri.
Lima orang yang melaju ke tahap tiga atau final  menyelesaikan lima soal esai. Untuk soal nomor lima, kelima peserta diberi sebuah wacana mengenai “Klaim Budaya Indonesia oleh Malaysia”. Dari wacana ini, mereka menuliskan tanggapan untuk dipresentasikan di hadapan para juri. Lomba ini memang menekankan pada empat aspek kemampuan berbahasa, yakni menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Tiga orang juri, yakni Aga Sakti Kristian, S.S., Muh. Fatoni Rahman, S.Pd., dan Azizatus Zahro, S.Pd., M.Pd. dihadirkan untuk memberikan penilaian.
Hasil akhirnya, kota Kediri nampak mendominasi. Juara I dimenangkan oleh MAN 3 Kediri, juara II ditempati SMAN 2 Kediri, dan juara III kembali oleh MAN 3 Kediri. Sementara itu, SMAN I Ponorogo dan SMAN Al Yasini juga membawa pulang piala. Masing-masing sebagai juara harapan I dan juara harapan II. Empat acara lain akan menyusul rangkaian BBS di sepanjang Oktober ini.

Nur