UKM German lagi-lagi menunjukkan eksistensinya. Kali ini German me­ngunjungi pusat rehabilitasi pecandu narkoba terbesar di Asia Tenggara, yaitu di UPT Rehabilitasi Lido Bogor. Acara yang dilaksanakan selama tiga hari (11-13/01) ini berkaitan dengan program kerja German 2011 jaringan eksternal.
Acara dimulai dari penerimaan dan sambtan oleh perwakilan kepala UPT Rehabilitasi Lido, Bapak Bambang, dilanjutkan oleh testimoni dari residen (sebutan bagi pecandu narkoba yang di rehabilitasi), pemberian materi, tanya jawab dengan pemateri, dan diskusi. Tujuan diadakan kunjungan ini menurut Ketua panitia, Della Rosanti, adalah sebagai ajang menjalin silaturahmi dan sebagai media pembelajaran bagi pengurus serta anggota German yang baru. Hal ini karena pada saat kunjungan ke UPT Rehabilitasi Lido, peserta dikenalkan dengan kegiatan dan ruangan-ruangan yang ada di tempat itu.
UPT Rehabilitasi Lido Bogor adalah Unit Terapi dan Badan Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN). Kegiatan UPT Rehabilitasi Lido yang biasa juga disebut sebagai kampus Unit Rehabilitasi (Unitra) ini ditekankan pada padatnya jadwal kegiatan bagi residen, baik berupa pengembangan minat bakat, sharing antarresiden. Dalam hal ini biasanya didampingi oleh psikolog dan konselor, serta dilatih untuk membuat kerajinan tangan. Dengan padatnya kegiatan ini diharapkan para residen bisa segera pulih dan sembuh dari ketergantungannya dengan obat-obatan terlarang.
Disebut sebagai Kampus Unitra karena pertimbangan adanya perlindungan dari perilaku masyarakat agar tidak mengucilkan para residen dan keluarganya, sehingga keengganan masyarakat yang menjadi korban pecandu narkoba untuk direhabilitasi bisa berkurang. Pada akhirnya mereka bisa disembuhkan lewat UPT Rehabilitasi Lido ini.
Di sela-sela acara yang sangat privat ini peserta laki-laki yang saat itu harus Salat Jumat juga mendapatkan pengalaman baru. Mereka bisa Salat Jumat dengan residen itu pun karena keadaannya hujan. Seandainya tidak, mungkin tidak diperbolehkan. Pe­ngurus UPT Rehabilitasi Lido sangat menjaga sekali privasi residen, bahkan memfoto residen tidak diperbolehkan.
UKM German sebagai UKM anti narkoba tertua di antara kampus di Malang merasa bangga atas diselenggarakannya acara ini. Hal ini disebabkan karena UPT Rehabilitasi Lido menerima dengan baik kunjungan UKM German UM di sana. Biasanya pusat rehabilitasi Lido sangat selektif dalam menerima kunjungan.
“UPT Rehabilitasi Lido juga menitipkan informasi kepada kami bahwa untuk Malang mereka menyediakan space lima belas orang. Jadi kalau misalkan ada orang di sekitar kita ingin disembuhkan ketergantungannya dengan narkoba, silakan saja langsung dibawa ke UPT Rehabilitasi Lido Bogor, desa Wates, Kecamatan Cigombong, Bogor. Gratis,” ucap Della.Iin