Tahun 2012 bisa dikatakan sebagai trigger penyemangat bagi mahasiswa Jurusan Elektro untuk meraih prestasi. Di awal tahun ini, mahasiswa-mahasiswa Jurusan Elektro berhasil meraih prestasi cemerlang di bidang robotika. Tidak tanggung-tanggung, mereka berhasil menyabet gelar juara I dan II pada Lomba Kreativitas Elektro-Line Follower Robot Contest Tingkat Universitas se-Jawa Timur yang diadakan oleh Politeknik Negeri Malang.
Lomba yang diselenggarakan pada 7 Januari 2012 ini diikuti oleh 28 tim dari berbagai universitas di Jawa Timur. Jurusan Elektro UM sendiri menurunkan tiga tim pada lomba ini, yaitu Black Rider, Dark Tracer, dan PTI. Tim robot UM kurang lebih membutuhkan waktu dua bulan untuk menyelesaikan robot Line Tracer.
Sejak babak kualifikasi, Black Rider yang digawangi oleh Bambang Putra Hadi Kusuma, Ahmad Syafi’i, dan Dwi Novian Kresno, juga Dark Tracer dengan tim yang terdiri dari Happy Sholihul Fathoni, Arisandi, dan Andi Sulaiman telah menduduki peringkat pertama dan kedua. Hal tersebut merupakan sinyal positif bagi Arisandi et. al. dalam menghadapi babak-babak berikutnya.
Babak kualifikasi sempat membuat Arisandi et. al. berdebar karena mereka dituntut untuk berhadapan dengan tim robot dari Poltekom dan Polinema. Rasa tegang sempat menyergap Tim Robot Black Rider dan Dark Tracer saat mereka berhadapan dengan tim robot Unesa dan PENS ITS di babak semifinal. Apalagi robot milik PENS ITS belum pernah terkalahkan pada babak-babak sebelumnya. Namun, robot yang digadang-gadang sebagai juara milik PENS ITS tersebut harus bertekuk lutut menghadapi robot UM. Segala jerih payah tim robot UM terbayar dengan dimenangkannya duel dengan Unesa dan PENS ITS. Dengan hasil tersebut dua tiket babak final berhasil digenggam oleh tim robot UM.
Kedua tim UM, yaitu Black Rider dan Dark Tracer pun tak disangka-sangka saling berhadapan satu sama lain pada babak Final. “Pada babak final kami malah bercanda-canda karena kami benar-benar nggak menyangka bisa bertemu di final. Bagi kami tidak penting lagi siapa yang menang,” ucap Arisandi, mahasiswa PTE 2011, tim robot Dark Tracer. Namun, yang dalam pertandingan, hanya satu tim yang menduduki posisi puncak. Duel antarsahabat itu pun dimenangi oleh Black Rider. Meski begitu, keberhasilan Arisandi et. al. dalam membawa nama UM, khususnya Jurusan Elektro dalam bidang robotika di kancah Jawa Timur patut diacungi jempol.
“Awalnya kami mengikuti lomba ini atas inisiatif sendiri. Setelah kami kemukakan niat kami ke jurusan, jurusan mendukung penuh keikutsertaan kami di lomba ini dengan menyediakan track latihan,” jelas Arisandi lagi.
Setelah menyabet juara I dan II di Lomba Kreativitas Elektro-Line Follower Robot Contest Tingkat Universitas se-Jawa Timur, Arisandi et. al. telah memiliki rencana untuk mengikuti lomba robot bertema serupa di PENS ITS pada Maret. Ia juga berharap dapat menuai hasil yang maksimal pada kompetisi tersebut.
“Event-event kompetisi seperti ini sangat banyak. Teman-teman Jurusan Elektro harus lebih aktif dan berinisiatif untuk mengikuti ajang-ajang tersebut,” tambah Happy, mahasiswa PTE 2010, tim robot Dark Tracer.Ajeng