Selasa (06/11) sebanyak delapan mahasiswa UM berbahagia karena mendapat bantuan pendidikan berupa beasiswa dari Bank Tabungan Negara (BTN) cabang Malang secara langsung. Para mahasiswa dari seluruh fakultas di UM itu langsung mendapatkan buku tabungan yang sudah berisi nilai nominal beasiswa. Pemberian beasiswa itu merupakan salah satu wujud kepedulian dalam bidang sosial dan pendidikan dari BTN terhadap putra-putri bangsa melalui kerja sama dengan UM.
Acara yang berlangsung di gedung A1 lantai I ini bertujuan untuk menjalin kerja sama yang baik antara BTN dan UM dalam bidang pendidikan. Dalam sambutannya, Rektor UM menghimbau kepada seluruh penerima beasiswa untuk mensyukuri pemberian beasiswa dari BTN itu. “Anda harus mensyukuri pemberian beasiswa ini karena tidak semua mahasiswa mendapatkan beasiswa. Sebagai mahasiswa, cara bersyukur tersebut tentunya dengan terus berusaha untuk meningkatkan IPK yang lebih baik lagi. Karena indikator kesuksesan dan keberhasilan dari pemberian beasiswa ini adalah meningkatnya IPK,” ungkap rektor kepada mahasiswa. Selain itu, rektor juga mengharapkan beasiswa itu dapat membantu  para mahasiswa untuk menuntaskan studi.
Penyerahan beasiswa dilakukan oleh rektor yang didampingi oleh wakil rektor III  serta wakil rektor IV, sedangkan dari pihak BTN, Kepala Brand Manager BTN Cabang Malang Bapak Hertanta dan didampingi oleh Deputi Brand Manager Bapak Bambang Prasetyo.
Penyerahan beasiswa dilakukan secara tertib dan akrab. Beasiswa yang diberikan BTN  pada mahasiswa UM ini sebesar  tiga juta rupiah pertahun dan dapat dicairkan setiap bulannya sebesar Rp250.000,00.
Pada tahap pertama itu, sebanyak delapan mahasiswa dinyatakan lolos verifikasi administrasi dengan persyaratan yang sudah ditentukan oleh pihak BTN. Namun, BTN sudah merencanakan untuk memberi beasiswa kepada sejumlah mahasiswa UM pada tahap kedua. Salah satu persyaratan yang ditentukan oleh BTN, antara lain mahasiswa berasal dari keluarga ekonomi lemah dan memiliki IP minimal 2,75.Nida