Oleh Rustanto Rahardi

Pada 29 Oktober hingga 3 November 2012, UM bekerja sama dengan PT Pertamina dalam menyelenggarakan Diseminasi Pelatihan Guru SD Tahap II TEQIP di Melonguane, Talaud, Sulawesi Utara. Dari jumlah peserta sebanyak 108 orang, 36 di antaranya adalah Guru Matematika. Dalam diseminasi itu, tim expert dari pihak UM, yakni Prof. Dr. Wahyudi Siswanto menyampaikan Penulisan Ar­tikel Ilmiah, Dra. Hawa Tuarita, M.Si. menyampaikan tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan Rustanto Rahardi menyampaikan ten­­tang Pendalaman Pem­belajaran Bermakna. Para trainner berasal dari Kabupaten Talaud sendiri yang terdiri atas Bapak Danny Rumangkang, Ismael Majampoh, S.Pd., Jelmi Bawahasi, S.Pd., dan Elvis Buntaa, S.Pd., serta pengawas Zusan Arni Landang, S.Pd., M.Si., wakil Diknas Kabupaten Talaud.
“Marilah dengan kegiatan yang bermakna ini kita manfaatkan sebaik-baiknya sehingga masa depan Kabupaten Talaud akan lebih baik dan akhirnya menjadi terkenal bukan hanya di Indonesia saja, tetapi juga terkenal hingga dunia. Para trainner nanti hendaklah menjadi trainner yang bertanggung jawab terhadap penerapan hasil kegiatan ini di lapangan, yaitu di sekolah masing-masing ketika melaksanakan proses belajar mengajar,” ucap Ibu Magdalena ketika memberikan testimony peserta diseminasi I.
Sebelum pelaksanaan pelatihan, peserta diberikan pretes lebih dulu sebagai bahan kajian trainner menentukan materi kegiatan yang pas untuk diberikan ke peserta. Selesai kegiatan pelatihan, para trainner menghadap tim expert untuk melaporkan hasil kegiatan yang telah mereka laksanakan, sekaligus konsultasi pelaksanaan pelatihan untuk keesokkan harinya. Dalam pelatihan itu, tidak hanya diberikan materi-materi dan penjelasan tentang jawaban-jawaban dari soal yang sulit dijawab, tetapi juga pembimbingan pembuatan media pembelajaran yang berguna bagi proses belajar mengajar.
Penulis adalah dosen Matematika