Pembukaan program In-Country 2013 sukses digelar di lobi gedung A1 lantai I UM pada Kamis (10/01) secara langsung oleh Rektor UM Prof. Dr. Suparno. Program In-Country adalah kerjasama antara Universitas Walailaik Thailand dengan lembaga Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Program ini sudah berjalan selama empat tahun dan setiap tahunnya mengalami pertambahan mahasiswa. Untuk tahun ini, program In-Country menerima delapan belas  mahasiswa.
Acara yang dikemas dalam semiformal ini diawali dengan sambutan oleh Ibu Pensri Panich, M.Pd. atau yang akrab disapa Ibu Gift. Ia adalah alumnus Pascasarjana UM Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia yang sekarang menjadi dosen di Universitas Walailak. “Bahasa Indonesia di Thailand menjadi salah satu bahasa yang digemari. Saya berharap delapan belas mahasiswa mampu belajar bahasa Indonesia dengan baik di UM,” harapnya.
Acara dilanjutkan dengan sambutan rektor sekaligus membuka dan menyambut enam belas mahasiswa putri dan dua mahasiswa putra dalam program itu. Ia menyampaikan bahwa bertambahnya jumlah mahasiswa yang belajar di UM mengindikasikan semakin baik pula hubungan kerja sama antara UM dan Universitas Walailak.
Setelah acara sambutan usai, delapan belas mahasiswa disilakan mengenalkan diri masing-masing di depan podium. Uniknya, dalam program ini ada dua pasang kembar perempuan, yakni Chananya dan Chayanin serta Areena dan Areene.
Dalam perkenalannya, se­bagian besar dari mereka mengaku tertarik mengunjungi Bromo dan Bali. “Saya sangat senang di Indonesia. Saya ingin pergi ke pantai, Bali, dan Bromo.”  ucap mahasiswa bernama Thanyalak Aramchot di sela-sela acara ramah-tamah.
Tari “Jejer Gandrung” dari Banyuwangi yang terkenal sebagai tari ucapan selamat datang turut memeriahkan pembukaan In-Country 2013. Beberapa mahasiswa diajak menari bersama di depan podium.
Program ini akan berjalan selama empat bulan sejak Rabu (09/01) hingga Kamis (09/05). Delapan belas orang tersebut tinggal di asrama, baik putra maupun putri. Satu mahasiswa Thailand, didampingi oleh satu tutor yang sudah melalui tahap seleksi.Tanti