Penyambutan Kontingen Juara Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas XIII) dan Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI IX) sukses digelar di lobi Gedung A1 Lantai I UM pada Rabu (22/01) secara langsung oleh Rektor UM, Prof. Dr. Suparno. Pomnas dan KJI merupakan salah satu perlombaan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). Kegiatan Pomnas yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali itu bertujuan untuk meningkatkan daya saing bangsa melalui kegiatan kemahasiswaan di bidang olahraga. KJI diselenggarakan untuk mendorong dan menumbuh-kembangkan kreativitas mahasiswa dalam bidang perancangan dan kontruksi jembatan. Kegiatan Pomnas XIII itu diselenggarakan di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, sedangkan KJI IX dilaksanakan di Universitas Brawijaya pada bulan November lalu.
Acara yag dikemas semiformal itu diawali dengan sambutan Rektor UM yang sekaligus membuka dan menyambut para juara Pomnas XIII dan KJI IX yang sedang duduk di tengah–tengah para dosen yang turut menghadiri acara penyambutan tersebut. Bapak Suparno menyampaikan bahwa UM bangga memiliki mahasiswa- mahasiswa yang berprestasi seperti para juara tersebut, sehingga perlu adanya suatu apresiasi atau penghargaan atas jerih payah yang mereka persembahkan untuk kampus. Bapak Suparno memanggil satu-persatu dari lima belas juara sesuai tingkat kejuaraan yang mereka raih.
Selain mengapresiasi para juara, Rektor juga menyampaikan informasi kepada seluruh hadirin bahwa UM ditawari sebagai penyelenggara Kontes Jembatan Indonesia tingkat nasional dan dipercaya untuk menjadi tuan rumah Kontes Robot 2014. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan ramah tamah yang menandakan bahwa seluruh warga UM adalah keluarga dan pengambilan foto Rektor dengan para juara. Kejuaraan yang diraih di ajang Pomnas, yaitu juara Atletik, pencak silat, tenis meja, catur, tenis lapangan, dan bola basket.
“Sebenarnya persiapan untuk mengikuti Pomnas ini masih kurang maksimal. Namun, saya yakin menang karena ada dukungan dari orang tua, pelatih, dan manager. Saya sangat senang bisa membawa nama baik UM untuk ajang kompetisi bergengsi tingkat nasional ini. Saya juga berharap bisa menjadi juara di Propov tahun depan ,“ ujar Nurika, juara 3 ganda putri tenis lapangan saat diwawancarai. Gadis yang lahir di kota Trenggalek itu mengaku senang dengan acara penyambutan yang dilaksanakan langsung oleh Rektor. Ia berkesempatan bisa mempererat silaturahmi dan lebih mengenal pejabat, dosen, dan pegawai gedung A3 UM,” tambah Nurika di akhir wawancara.Dewi