Selamat datang mahasiswa baru (maba) dan selamat menempuh ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk calon mahasiswa baru (camaba) 2013 di UM.
Pelaksanaan registrasi jalur SBMPTN 2013 yang bersamaan dengan verifikasi mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT), serta penyerahan berkas oleh mahasiswa jalur bidikmisi itu berjalan dengan tertib dan aman. Pada Selasa-Rabu (18-19/06) bertempat di Gedung Graha Cakrawala UM, maba melaksanakan registrasi sesuai dengan pengumuman No. 6257/UN32.I/TU/2013 tentang registrasi administrasi (daftar ulang) calon maba UM jalur SBMPTN tahun akademik 2013/2014.
Registrasi jalur SBMPTN 2013 dihadiri oleh 2.383 maba, dari jumlah total 2.935 mahasiswa yang telah diterima pada tahap jalur SBMPTN untuk UM. Pada registrasi itu, maba harus menyerahkan berkas registrasi administrasi, meliputi Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2013, bukti pembayaran dari bank, fotokopi Ijazah, Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) yang telah dilegalisasi sekolah, fotokopi raport yang telah dilegalisasi sekolah, fotokopi akta kelahiran/akta kenal lahir, dan surat hasil pemeriksaan kesehatan. Bagi mahasiswa yang kelengkapan berkasnya belum terpenuhi, maka dianjurkan untuk melengkapinya di Gedung A3 bagian registrasi UM.
Setelah melakukan registrasi, akan ada publikasi informasi terkait nominal UKT bagi maba yang diverifikasi dalam registrasi tersebut pada tanggal 24 Juni 2013. Terlaksananya hajat besar UM itu tidak terlepas atas kerja sama dari pihak birokrat UM serta aktivis organisasi kampus yang telah mengonsep mekanisme dan mengatur jalannya pelaksanaan registrasi tersebut.
Hal itu semuanya menjadi titik awal bagi UM sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang melaksanakan registrasi pada momentum penerimaan maba 2013. Harapannya pada pelaksanaan registrasi penerimaan maba di jalur berikutnya mampu dijalankan secara apik dan terlaksana secara sistematis.Sudianto