DSC03166

UM kembali menggelar job fair pada Selasa-Rabu (19-20/08) untuk yang kesekian kalinya dengan menggandeng PM Organizer. Sebanyak 25 perusahaan yang sudah bekerja sama dengan PM Organizer ikut serta memeriahkan job fair itu. Hari pertama di Gedung Sasana Krida dipadati dengan  sembilan ratus peserta, sedangkan hari kedua 675 peserta. Berbekal 25 ribu rupiah peserta bebas keluar masuk selama sehari mulai pukul 09.00 sampai 15.30 WIB.
Uniknya panitia yang ikut membantu menyelenggarakan job fair merupakan calon alumni UM. Tidak ada perekrutan khusus untuk menjadi panitia job fair. “Kebetulan ada job fair jadi sambil mengisi waktu kosong juga mencari pengalaman baru,” tutur Andre Brian salah satu panitia job fair yang merupakan mahasiswa Teknik Mesin.
Gedung Sasana Krida semakin siang semakin ramai, peserta yang datang mayoritas berasal dari Jawa Timur terutama Malang, mulai dari lulusan SMK sampai sarjana. Bagi peserta yang belum memiliki formulir diharuskan membeli terlebih dahulu di loket. Setelah itu formulir  diisi dan ditukar dengan tiket masuk. Peserta diharuskan mengisi data dalam database yang sudah dipersiapkan oleh panitia di samping loket.
Untuk dapat masuk ke dalam Gedung Sasana Krida, peserta harus menunjukkan tiket dan memberikannya kepada petugas. Sebagai simbol peserta job fair, petugas memberi cap stample di tangan peserta yang dilakukan untuk menghindari kecurangan.
Kabarnya kegiatan sejenis job fair, yakni SAC UM yang sudah menjadi acara wajib akan diadakan kembali dalam cakupan yang lebih besar di Gedung Graha Cakrawala. Kegiatan yang akan digelar pada  September mendatang merupakan kegiatan dalam rangka Lustrum XII. Pasalnya kegiatan tersebut akan digratiskan dan akan menggandeng seratus perusahaan.Novi