DSC03424Semangat PIMNAS sepertinya masih kentara pada pengajuan proposal PKM tahun ini. Mahasiswa baru atau yang berpengalaman dalam PKM bersaing membuat proposal PKM. Hal yang menarik untuk dilihat adalah pada hari-hari terakhir pengambilan username di Gedung A3 Lantai III dimana terdapat antrean yang sangat panjang.
Salah satu mahasiswa yang turut antre adalah Khoirul Anwar. Ia mengungkapkan proposalnya baru selesai dikerjakan, sehingga meminta username pada hari terakhir (26/09). “Awalnya tidak tahu jika harus ambil username terlebih dahulu. Selain itu, terdapat juga sistem baru dari Dikti, dimana kita harus meminta username yang baru. sebelumnya saya tetap bisa menggunakan username saya yang lama,” ujarnya.
Menurut Yudha Adi Mas Ardhi, adanya antrean mungkin disebabkan karena  mahasiswa kebanyakan meminta username pada hari-hari terakhir. Dimas yang sudah keempat kalinya mengajukan PKM merasakan perhatian mahasiswa terhadap PKM cukup tinggi untuk tahun ini. “Mahasiswa yang mengajukan PKM sepertinya lebih ramai sekarang,” ungkapnya.
Pihak kemahasiswaan pun menanggapi. Menurut Kabag Kemahasiswaan, Taat Setyohadi, antrean panjang itu dikarenakan mahasiswa meminta username pada hari-hari terakhir. Padahal universitas telah mempublikasikan mengenai pengajuan proposal PKM sejak awal September. Dampaknya, dengan banyaknya perguruan tinggi yang mengakses laman Dikti, maka bandwidth yang tersedia menjadi terbatas. “Masalah jaringan internet di A3 ini sudah bagus. Namun, jaringan pada Dikti yang kurang memuaskan, sehingga proses loading menjadi lambat,” ungkapnya.
Ia juga menjelaskan hari-hari sebelumnya jaringan masih lancar. Banyak yang meminta username tanpa harus mengantre lama. Karena lambatnya website http://simlitabmas.dikti.go.id, permintaan username yang seharusnya ditutup pada tanggal  (28/09)pun akhirnya diperpanjang oleh Dikti sampai tanggal (5/10). Saat proses pengunggahan proposal juga banyak yang mengeluhkan. “Dari pengalaman tahun lalu kurang lebih seribu username yang diberikan  hanya sekitar 968 saja yang berhasil mengunggah proposalnya,” jelasnya.
Mengenai sistem pengajuan proposal  PKM, Bapak Taat berpendapat bahwa proses pengajuan proposal PKM harus melalui universitas dahulu. Tujuannya agar universitas mempunyai data PKM yang diajukan. Hal itulah maksud dari pengambilan username.Ajrul