Suasana Yaumul Khat oleh ASC UM

Suasana Yaumul Khat oleh ASC UM

Alquran Study Club (ASC) UM pada Rabu (11/03) mengadakan Yaumul Khat Nasional, bertempat di Perpustakaan Masjid Al-Hikmah UM. Yaumul Khat dalam bahasa Indonesia memiliki arti Hari Kaligrafi. Yaumul Khat merupakan acara lomba kaligrafi tingkat nasional pertama kali yang diadakan di UM dan Indonesia sehingga pada hari tersebut ditetapkan sebagai Hari Kaligrafi Nasional.
Mengambil tema “Menggores Ayat Emas Menuju Profesionalitas dan Keunggulan Kreativitas dalam Semarak Yaumul Khat”, acara itu diikuti oleh sekitar 34 peserta dari berbagai kota seperti Bandung, Surabaya, dan kota-kota lainnya. Moh. Rozak sebagai Ketua Pelaksana dan ditemani oleh rekannya Alifudin Ikhsan memaparkan tujuan dari event itu sebagai ajang menyambung silahturahmi antar penggemar kaligrafi, pembinaan lomba, dan membumikan Alquran di kampus UM. Acara itu tidak hanya diikuti oleh kalangan mahasiswa saja melainkan juga terbuka untuk umum yang dibatasi usia 18-24 tahun.
Dimulai pukul 07.00-11.00 WIB peserta meneruskan pekerjaan kaligrafi yang sebelumnya sudah setengah jadi. Di lokasi perlombaan, peserta hanya perlu menuliskan ayat yang sudah dipersiapkan oleh panitia. ”Mengapa kami membuat ketentuan demikian? Karena untuk membuat kaligrafi mulai dari awal diperlukan waktu delapan jam, sehingga kami memotongnya menjadi empat jam dan ketika mulai lomba kaligrafinya sudah setengah jadi,” papar Alifudin.
Di sisi lain, rangkaian acara Yaumul Khat yang dikemas dalam bentuk workshop  digelar di Gedung  E3 mulai pukul 13.00-18.00 WIB. Workshop bertambah istimewa dengan mendatangkan pemateri dari luar negeri, yakni Syekh Belaid Hamidi dan Ustadz Sulaiman yang berasal dari Maroko dan Thailand. Beliau adalah ahli dalam dunia kaligrafi dan telah banyak berkiprah di bidang kaligrafi. Tidak hanya itu, Ustadz Bambang Priyadi dan Ustadz Atto’illah juga didatangkan sebagai ahli dalam dunia kaligrafi yang berasal dari Indonesia.
Pengumuman pemenang lomba langsung diumumkan usai workshop. Karya pemenang lomba nantinya akan dipamerkan dalam pameran dan bazar yang sudah digelar sejak Senin (09/03).Shintiya