Sejumlah mahasiswa mengikuti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Utama Gedung A3 Lantai II UM (25/05) dan dihadiri oleh jajaran rektorat.
Acara yang diikuti oleh 137 mahasiswa delegasi dari organisasi pada setiap fakultas dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) diadakan untuk memacu jiwa kepemimpinan mahasiswa dalam berorganisasi. Selain itu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan peka terhadap kondisi lingkungan, serta mampu merumuskan dan menganalisa persoalan-peroalan yang dihadapi oleh organisasi. Acara dibuka secara langsung oleh Rektor UM, Prof. Dr. Ahmad Rofi’uddin, M.Pd.
Usai acara pembukaan, peserta diarahkan untuk keluar dari aula oleh panitia yang kemudian terbagi menjadi dua kelas. Kelas A yang dipandu oleh Bapak Aditya Nugroho Widiadi, S.Pd, M.Pd (Dosen FIS/SEJ), Bapak M. Nasrul Chotib, M. Hum (Dosen FS/ING), dan Ibu Laurent Octavian, S.Pd., M.Si (Dosen FMIPA/KIM) tetap berada di aula. Sementara itu, kelas B yang dipandu oleh Bapak Afwan Hariri Agus Prohimi, S.E., M.Si (Dosen FE/MNJ), Ibu Neena Zakia, S.Si, M.Si (Dosen FMIPA/KIM), dan Bapak Agung Witjoro, S.Pd., M.Kes (Dosen FMIPA/BIO) memasuki ruang sidang senat yang berlokasi di Gedung A3 Lantai II.
Meskipun hari pertama peserta melaksanakan LKMM-TM di dalam ruangan, tapi hal ini tidak menjadi halangan karena metode yang digunakan adalah diskusi panel sehingga mahasiswa tidak merasa jenuh dan bosan. Selama berjalannya acara peserta dituntut untuk aktif karena keaktifan adalah poin penting dalam penilaian secara keseluruhan. Kegiatan hari pertama pun berakhir tepat pukul 20.00 WIB.
Acara pada hari kedua tidaklah berbeda, peserta mulai berdatangan ke Gedung A3 sejak pukul 06.30. Namun, ada yang berbeda di hari kedua. Pagi itu peserta yang sudah terbagi menjadi sepuluh kelompok tiap kelasnya akan diberangkatkan ke instansi-instansi pemerintah di Malang Kota untuk melakukan kunjungan dan analisis sosial dengan harapan nantinya peserta bisa menyusun Rancangan Pengembangan Organisasi (RPO) yang sudah dijelaskan oleh pemandu pada hari sebelumnya. Sebelum pemberangkatan, peserta berkumpul di Aula Gedung A3 Lantai II untuk memperoleh pembekalan dari panitia. Tempat kunjungannya adalah Taman Wisata Rakyat, Kantor Kecamatan Klojen, Pasar Klojen, Pasar Dinoyo, Pasar Oro-Oro Dowo, Puskesmas Dinoyo, Puskesmas Arjuno, Puskemas Bareng, Edotel, dan Perum Jasa Tirta. Pukul 08.00 WIB peserta bergegas menuju lokasi masing-masing dan tepat pukul 11.00 WIB peserta sudah harus kembali ke kampus. Kegiatan ini diakhiri dengan presentasi panel RPO (Analisis SWOT) peserta LKMM-TM dihadapan pemandu berdasarkan hasil yang didapat saat kunjungan.
Dari 137 mahasiswa, hanya empat puluh mahasiswa yang dapat berkesempatan untuk menuju ke tahap lebih lanjut dalam Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Lanjut (LKMM-TL). Empat puluh mahasiswa tersebut akan mewakili UM. Tetap semangat untuk menjadi pemimpin yang lebih berkualitas!Faris