Kemilau Emas Fakultas Teknik

IMG_9477

> Pelepasan balon sebagai penutup kemilau 50 tahun Fakultas Teknik.

Bertepatan denganhari jadi FakultasTeknik yang menaungi empat jurusan, yaitu teknik mesin, teknik sipil, teknik elektro, dan teknik industri yang meliputi tata boga dan tata busana serangkaian acara menyemarakkan ulang tahun mulai digelar. Awal September menjadi awal bulan sejarah kiprah FT UM menginjak usia 50 tahun. “Gemilang Emas 50 Tahun Menuju Reputasi International” menjadi tema yang diusung
dengan serangkaian acara yang berlangsung selama seminggu penuh dari (29/09-04/10). Dimulai dengan opening ceremony digelar pada (01/09) di Aula FT UM Gedung H5 Lantai IV.
“Acara diselenggarakan pada akhir September dan awal Oktober dikarenakan proses persiapan serta penganggaran selain juga menyatukan banyak kepentingan baik dari kegiatan kemahasiswaan maupun seminar yang bertepatan dengan event rutin pada setiap tahunnya yang jatuh pada bulan-bulan tersebut,” papar Dr. Sukarni, S.T., M.T. menjawab jarak perayaan dan pembuka acara terpaut cukup jauh.
Berbeda dengan tahun sebelumnya. Perayaan ulang tahun emas kali ini dikemas dengan menarik. Ada tambahan inagurasi pada (03/10) dengan menggelar acara Freshtacular Night dengan “Payung Teduh” sebagai guest star dilanjutkan dengan puncak acara yang juga menjadi penutup seluruh rangkaian kegiatan yang digelar pada (04/10). Adapun acara yang sudah tersusun terdapat lima inti rangkaian acara, yakni seminar baik internasional maupun nasional, berbagai kompetisi oleh masing-masing HMJ, baksos, bazar peduli, gelar produk inovatif, serta puncak acara gemilang emas FT.
Seminar Nasional Teknik Sipil dan International Conference on Electrical Engineering, Informatics, and Its Education 2015 (CEIE) merupakan rangkaian acara yang digelar pada (30/09) di Sasana Budaya dan pada (03/10) di Graha Cakrawala dengan keynote speaker yang mumpuni di bidangnya, antara lain Prof. Dr. Ir. Anita Firmanti, M.T sebagai kepala pengembang SDM, Kementrian PU, Prof. Ir. Priyo Suprobo, M.S,. Ph.D sebagai Guru Besar Fakultas Teknik dan perencanaan ITS, juga Prof. Hajime Miyauchi bagian dari Associate Professor Graduate School of Science and Technology. Sukarni sebagai Ketua Pelaksana ulang tahun FT juga menambahkan bahwa seminar yang diselenggarakan mengangkat tema green yang relevan dengan FT sebagai fakultas rekayasa yang peduli pada dunia di tengah isu global warming dengan permasalahan energi, diharapkan juga dapat sejalan dengan kebijakan-kebijakan fakultas dimasa yg akan datang. Misalkan ada manufakturing menuju terealisasinya konsep-konsep green energi dapat memanfaatkan energi matahari dan sebagainya, maka seminar dengan tema green teknologi sangat berkaitan erat.
Untuk menyemarakkan hari jadinya, FT mengadakan kompetisi sebagai pengukur kemampuan serta kreatifitas bagi mahasiswa dan siswa SMK se-Indonesia. Kompetisi yang diadakan meliputi Auto CAD Speed and Accuracy Competition pada (02-03/10) dan National Fibrous Concrete Competitiondengan tema pemanfaat serat alami untuk meningkatkan sifat mekanik beton untuk semua mahasiswa teknik sipil se-Indonesia.
Kegiatan baksos dan bazar peduli juga di selenggarakan di Lapangan Parkir Graha Cakrawala pada (04/10), di antaranya bazar kuliner. “Harga yang ditawarkan cukup ramah dikantong mahasiswa di samping kualitas makanan yang sehat dan enak,” ujar Yuni Rahmawati, S.T., M.T seksi acara. Tak hanya bazar garage, service gratis untuk masyarakat umum juga ada konsultasi teknis, dan kontrol kesehatan. Sebelumnya, senam pagi dilaksanakan di Stadion Graha Cakrawala.Tak kalah menarik pada (29/09-02/10) terdapat gelar produk inovatif yg dihasilkan oleh civitas akademik FT UM dan Fakultas Teknik dari universitas/politeknik se-Malang raya di Graha Cakrawala.
Perjalanan 50 tahun merupakan sejarah yang cukup panjang. Salah satu bentuk syukur kepada Tuhan berkaitan dengan perjalanan FT bagaimanapun banyak jasa yang telah ditorehkan para sesepuh. Apresiasi jasa para founding father direalisasikan dalam kegiatan yang dirangkum dalam bentuk kegiatan pada perayaan ulang tahun kali ini. Bagaimanapun perjalanan FT dengan berbagai dinamika yang kemudian telah lama dilalui untuk mengukuhkan cita-cita FT menjadi fakultas yang unggul dan menjadi rujukan di tingkat nasional ingin melangkah lebih jauh di tingkat internasional. Oleh karena itu, tema besar yang diangkat adalah “Gemilang Emas 50 tahun Fakultas Teknik Menuju Reputasi Internasional” dan salah satu target, yaitu 50 judul masuk jurnal international.
Teknik Industri telah melanglang buana dengan konsep acara Malang Flower Carnival yang menjadikan Malang berkibar. Hingga di akui secara internasional mulai Afrika Selatan, Rusia, dan Papua Nugini. Hebat, berjaya, dan terus berkarya untuk Fakultas Teknik membangun generasi emas yang membanggakan.Iven

Bagikan informasi ini: