Bangun Karakter Mahasiswa Bidikmisi UM

“Bidikmisi berprestasi tiada henti”. Jargon yang tepat disematkan untuk mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (UM). Tepat pada hari Selasa (15/11) di Graha Cakrawala UM diselenggarakan Workshop Character Building yang ditujukan untuk mahasiswa Bidikmisi UM angkatan 2016. Acara ini dimulai pukul 07.00 WIB dan dibuka oleh Ketua Forum Mahasiswa Bidikmisi (Formadiksi) UM.  Disusul penampilan Tari Jejer Gandrung Jaran Wuruk khas Banyuwangi dan sambutan Wakil Rektor III UM.
Workshop Character Building disampaikan oleh Prof. Dr. H. Bambang Banu Siswoyo , M.M., dosen Fakultas Ekonomi UM. Dalam workshop ini, Bambang memaparkan tentang kondisi dan upaya yang harus dilakukan bangsa Indonesia untuk menuju seratus tahun Indonesia emas. Beliau juga menjelaskan mengenai sembilan prinsip dasar kehidupan yang harus diterapkan oleh masing-masing individu dalam setiap negara. Sembilan prinsip dasar kehidupan tersebut meliputi etika, kejujuran, tanggung jawab, hormat pada peraturan dan hukum masyarakat, hormat pada orang atau warga lain, cinta pada pekerjaan, usaha keras untuk menabung dan investasi, kerja keras, dan tepat waktu. Para mahasiswa Bidikmisi diminta untuk menilai dirinya sendiri dengan skala nilai 1-10 untuk intropeksi diri sendiri.
Pertanyaan yang sering dilontarkan banyak orang adalah mengapa banyak negara bisa lebih maju? Apakah karena mereka lebih cerdas dari kita (Indonesia.red)? Jawabannya tidak. Hal yang membuat banyak negara lebih maju dari negara kita adalah kepribadian dari warga negara di negara tersebut. “Dalam kehidupan sehari-hari, mereka selalu menerapkan hal-hal kecil, namun dilupakan dan disepelekan oleh masyarakat kita, yaitu sembilan prinsip dasar kehidupan,” ungkap Bambang. Perubahan untuk bangsa ini dimulai dari sekarang, dimulai oleh diri kita sendiri, dan dimulai dari hal-hal kecil. Materi yang disampaikan dalam acara tersebut bertujuan untuk membangun karakter para mahasiswa Bidikmisi UM yang merupakan calon pemimpin dan penerus bangsa agar bisa membangun, memajukan, dan mengembangkan bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik dengan menerapkan sembilan prinsip dasar dalam kehidupan sehari-hari.
Tidak hanya character building, UM juga mengadakan Workshop “Membangun Jiwa Entrepreneurship” yang disampaikan oleh Manager Bank BTN, Ricki Patinggi. Ricki menjelaskan mengenai cara membangun jiwa entrepreneurship pada diri seseorang, terutama pada mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang tahun 2016. Dalam workshop ini juga dibuka sesi tanya jawab. Para mahasiswa Bidikmisi sangat antusias untuk bertanya. Mayoritas dari mereka bertanya mengenai pengelolaan keuangan yang baik dan benar. Acara kemudian diakhiri dengan penampilan dari para mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang tahun 2016. Salah satu penampilan mereka yang memukau adalah penampilan dari mahasiswa Fakultas Sastra (FS) yang menampilkan akustik dan penampilan stand up comedy dari mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Mereka menampilkan bakat-bakat yang mereka miliki dengan penuh percaya diri. Ketika para mahasiswa Bidikmisi menampilkan bakat mereka, mahasiswa Bidikmisi yang lain antre untuk mengambil sertifikat acara. Pada penghujung acara, para mahasiswa Bidikmisi dengan tertib keluar dari Graha Cakrawala UM melewati pintu yang sudah ditentukan untuk tiap fakultas.Rosa

Bagikan informasi ini: