Suasana gembira dan riuh menyelimuti ruang 211 Gedung G4 Jurusan Teknik Elektro (TE), Fakultas Teknik, Univeristas Negeri Malang (UM) Rabu (18/1). Pasalnya, sekitar 30-an mahasiswa tingkat akhir yang telah menyelesaikan skripsi dan segera diwisuda memenuhi ruangan tersebut dalam acara Silaturahmi dan Tasyakuran Calon Wisudawan Semester Genap 2016/2017 Teknik Elektro UM. Kegiatan yang diprakarsai oleh calon wisudawan dari program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika (PTI) dan S1 Pendidikan Teknik Elektro (PTE) ini disambut meriah oleh civitas akademika TE UM. Terbukti dengan hadirnya Ketua Jurusan (Kajur) TE, Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T., Sekretaris Jurusan TE Triyanna Widiyaningtyas, S.T., M.T., Koordinator Prodi S1 PTI Dr. Ir. H. Syaad Patmantara, M.Pd., Koordinator Prodi S1 PTE Dr. Muladi, S.T., M.T., dan para dosen serta tenaga kependidikan TE UM.

Dalam sambutannya, Kajur TE sangat mengapresiasi kegiatan yang bertema “Eratkan Kebersamaan Menuju Kesuksesan” ini. “Sebenarnya dalam peraturan jurusan tidak ada prosesi seperti ini, tetapi apabila mahasiswa menghendaki ya silahkan, kami dari jurusan siap mendukung,” ujar Hakkun. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan silaturahmi dan ramah tamah dengan dosen maupun antar alumni. Ketua Pelaksana, Abdur Rohim menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama digelar di jurusan TE. “Tasyakuran semacam ini dulu belum ada, nah ini nanti adik-adik tingkat bisa meneruskan tradisi yang baik ini,” ujar Rohim.

Ketika ditanya tentang tujuan acara ini, Rohim menjawab jika acara ini dimaksudkan untuk mempererat komunikasi antarsesama alumni, dosen, dan adik tingkat, serta tasyakuran atas kelulusan dan apresiasi terhadap dosen-dosen yang telah membimbing mereka selama kuliah. “Kan setelah lulus banyak yang mengajar atau bekerja di luar kota, sehingga akan jarang bertemu lagi dengan bapak-ibu dosen, acara seperti ini berfungsi untuk menjaga silaturahmi,” papar calon wisudawan asal Blitar tersebut.IMG-20170119-WA0015

Rohim menegaskan bahwa acara ini bukan perpisahan sebagaimana diadakan di SMP atau SMA. “Justru ini merupakan ajang untuk semakin dekat meskipun nanti akan jauh di perantauan,” kata Rohim. Ia juga menambahkan bahwa kegiatan silaturahmi dan tasyakuran ini disponsori oleh calon wisudawan yang sudah bekerja sebelum lulus. “Salah satunya ada yang sudah menjadi owner di sebuah lembaga bimbingan belajar dan bewirausaha di bidang elektro dan informatika,”tambah pria yang juga sedang merintis usaha di Sidoarjo ini.

Selain acara tasyakuran dan silaturahmi bersama dosen, dalam waktu dekat para calon alumni ini juga akan mengadakan bakti sosial peduli yatim piatu. “Sebagai mahasiswa kan tidak boleh hanya berkutat dengan IPK dan kegiatan akademik saja, tapi juga harus peduli dan peka terhadap lingkungan sekitar,” urai Rohim.

Ia berharap kepada adik-adik tingkat bahwa mereka harus mengenal kakak tingkat. “Selain menambah jaringan, juga dapat membantu persoalan-persoalan yang dihadapi adik-adik, misalnya tugas-tugas kuliah, PKM, dan sebagainya,” tutup Rohim. Salah satu peserta, Rizky Anas Bukhori, sangat antusias mengikuti acara ini. “Seru sekali, tidak terasa ya sudah mau wisuda,” ujar calon wisudawan PTI asli Tulungagung tersebut. Arvendo/Reporter Komunikasi