Rektor UM Lantik WR I Baru

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (FE UM), Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si. resmi dilantik menjadi Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) UM, Senin (07/08). Pelantikan dilaksanakan di Ruang Sidang Senat dan dilaksanakan oleh Rektor UM, Prof. Dr. Ahmad Rofi’uddin, M.Pd. Prof. Budi resmi menggantikan posisi Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. sebagai WR I disebabkan Prof. Hariyono harus mengemban tugas sebagai Deputi bidang Advokasi Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) di Jakarta.


Sebenarnya rektor telah memegang beberapa nama sebagai kandidat untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Prof. Hariyono. Dari beberapa kandidat itu, akhirnya terpilih Prof. Budi. “Bukan berarti kandidat lain itu tidak mampu. Namun, pejabat yang paling cocok adalah Prof. Budi,” ujar rektor. Perlu diketahui, Prof. Budi termasuk dalam sepuluh besar dosen dengan publikasi internasional terindeks Scopus terbanyak di UM. “Semoga beliau bisa mempercepat kemajuan UM di bidang akademik, di antaranya bidang publikasi ilmiah,” harapnya.
Sementara itu, Prof. Hariyono menyampaikan terima kasih sekaligus permohonan maaf kepada berbagai pihak, khususnya untuk para juru warta yang telah membantu memublikasikan informasi terkait UM di media massa. “Pergantian jabatan merupakan hal yang biasa,” ujarnya. Tak lupa, Prof. Hariyono berharap pada WR I yang baru agar selalu amanah dalam mengemban tugas. “Tugas WR I salah satunya adalah membentuk mindset sivitas akademik untuk termotivasi menulis dengan harapan dimensi plagiasi bisa dihilangkan,” ujar Prof. Hariyono seusai menghadiri proses pelantikan.
WR I baru, Prof. Budi mengatakan dalam mengemban jabatan sebagai WR 1 kelak, ia tetap menjalankan berbagai program lama yang belum tuntas. Program-program tersebut adalah penuntasan pembentukan program profesi pendidikan insinyur, percepatan publikasi karya tulis ilmiah mahasiswa dan dosen, serta melaksanakan kurikulum berbasis kehidupan (life-based learning). “Motivasi untuk menulis dan memublikasikan karya akan terus digalakkan. Ini salah satu dari pekerjaan rumah saya,” kata pria asli Malang ini.
Prof. Budi sehari-hari mengajar di Jurusan Manajemen FE UM. Guru Besar dalam Bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia ini mengawali karier menjadi dosen sejak tahun 1988. Ia juga pernah mengenyam pendidikan di Deakin University, Australia, hingga mendapat gelar Master of Education pada tahun 1997. Pria yang lahir di Malang pada 24 Oktober 1964 ini penah menjabat sebagai Ketua Jurusan Manajemen FE UM periode 2008-2012. Berbagai publikasi ilmiah telah dihasilkan Prof. Budi baik berskala nasional maupun internasional. Ia juga diamanahi sebagai Ketua II Forum Manajemen Indonesia, sebuah forum yang terdiri dari akademisi manajemen se-Indonesia dan berfokus pada pengembangan ilmu manajemen.
Pelantikan WR I tersebut juga dibarengi dengan pelantikan beberapa koordinator program studi (koorprodi) dan jabatan struktural tenaga kependidikan di lingkungan UM. Setelah pelantikan itu, Prof. Budi pun harus melepas jabatannya sebagai Dekan FE UM. Untuk sementara waktu, Wakil Dekan I FE, Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak., CA. akan bertindak sebagai pelaksana tugas Dekan FE hingga dilantiknya pejabat baru.Arvendo

Bagikan informasi ini: