Dies Natalis FMIPA, Membumikan Karya Mahasiswa

DSC_2718

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UM mengadakan dies natalis yang ke-63. Acara ini diadakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu (11-12/11). Acara hari pertama dilaksanakan di Aula FMIPA O1 lantai dua yang dibuka dengan sambutan oleh Dekan FMIPA, Dr. Markus Diantoro. Selain itu, diadakan pula talkshow para dosen FMIPA yang dipandu oleh Ketua Jurusan (Kajur) Pendidikan IPA. Hingga dilanjutkan pemotongan tumpeng sebagai tanda rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
“FMIPA sejatinya telah berdiri bersama dengan berdirinya UM, yaitu 18 Oktober 1965 bertepatan pada bulan Sumpah Pemuda dan hari ini kita peringati satu hari setelah hari Pahlawan. Perjuangan para pemuda tentu tidak sendiri, pekikan Bung Tomo terus menerus menggelorakan rasa kebersamaan, rasa memiliki bangsa, dan keduanya telah dan akan menjadi inspirasi FMIPA. Jadi FMIPA telah menang menjadi milik bersama, tidak dapat maju jika tidak diperjuangkan bersama,” tutur Dr. Markus Diantoro. Dengan hari jadi yang sama dengan berdirinya UM, FMIPA berusaha menjadi yang terbaik di antara fakultas lain, serta berusaha melengkapi kekurangan-kekurangan dengan memotivasi para sivitas akademika FMIPA untuk terus berkarya tanpa henti.
Diadakan dies natalis FMIPA ke-63 ini bertujuan untuk lebih mengenalkan FMIPA supaya menjadi lebih baik dengan progam-progam inovatif yang terus diperjuangkan. Seperti halnya Insisiasi Internasional Conference, Publikasi Internasional, Insiasi Akreditasi Internasional, pembenahan kurikulum, kerjasama internasional, dan pengembangan Taman Sains. ”Dunia akan mengenal dan mengenang FMIPA bukan karena siapa pimpinannya. Mereka akan menanyakan universitas apa, fakultas apa, jurusan apa. Hal ini tidak berarti, (sebab) tanpa fakultas kita bisa berkarya. Namun lebih menunjukkan karya setiap insan FMIPA akan dikenang. Rajutan berbagai karya itu akan menjadikan FMIPA fakultas yang besar,” tambah Dr. Markus. Dunia akan mengenal orang-orang yang berkarya. Semakin banyak karya, semakin banyak nama-nama sivitas akademika FMIPA yang semakin berkembang dan menjadikan FMIPA jaya. Dengan kebersamaan dan semangat membangun FMIPA, dengan seluruh potensi, dengan tahapan yang besar, capaian demi capaian akan terus diraih demi perkembangan yang lebih baik.
Acara peringatan hari jadi FMIPA ini menjadi menarik karena di hari kedua diadakan jalan sehat dan dihibur oleh grup musik Tani Maju dan Cicillia sebagai bintang tamu. Acara yang ditutup pukul 10.45 WIB ini telah menyedot banyak partisipan dari mahasiswa maupun dosen FMIPA. “Semoga FMIPA semakin baik, maju, dan jaya selamanya,” ungkap Tomy Alfian Wiranata, selaku mahasiswa FMIPA.Amey

Bagikan informasi ini: