PIOS Jembatan Menuju Prestasi Nasional

foto piosUniversitas Negeri Malang (UM) mengadakan Pekan Ilmiah Olahraga dan Seni (PIOS) 2017 yang diadakan selama satu minggu (10-18/11). Upacara pembukaan PIOS yang diadakan di Graha Rektorat UM berjalan dengan meriah dan dihadiri oleh para petinggi UM, salah satunya Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. UKM Bela Diri, Pagar Nusa, drum band UM juga ikut memeriahkan pembukaan PIOS dengan menampilkan beberapa atraksi yang membuat kagum para peserta. Acara ini dibuka langsung oleh Rektor UM dengan penerbangan balon di depan Gedung Rektorat.
Terdapat tiga rangkaian ajang dalam PIOS 2017 yang meliputi kegiatan ilmiah, olahraga, dan seni. Adapun pesertanya adalah mahasiswa baru 2017/2018 yang merupakan kontingen dari delapan fakultas yang ada di UM. “Alhamdulilah, delapan fakultas sudah mengirimkan semua lomba yang ada di PIOS, saya sampaikan di sini, untuk bidang ilmiah yang dilombakan adalah lima skim PKM dan satu skim gagasan tertulis. Proses seleksi proposal PKM akan di-review kemudian hasil seleksi akan dipresentasikan mendatang (15/11). Acara PIOS ini akan menambah keakraban mahasiswa dari berbagai fakultas,” ungkap Dr. Heny Kusdiyanti, Ketua Umum PIOS. Untuk cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi futsal, basket, voli, bulutangkis, pencak silat, karate, dan catur. Untuk seni, lomba yang akan dilakukan adalah lomba menyanyi dengan kategori pop, seriosa, keroncong, dan dangdut. Selain itu, ada pula lomba membaca puisi dan monolog serta menulis puisi, cerpen, dan lakon. Juga ada pula melukis, tari tunggal tradisional, cerpen, dan fotografi.
Cabang olahraga yang diselenggarakan di Lapangan Gedung A2 dipadati oleh penonton, selain lokasinya yang strategis, cabang olahraga memang banyak diminati. Namun, hujan menyebabkan jadwal beberapa lomba olahraga mundur, tapi hal ini tidak menjadikan peserta dan penonton patah semangat. Mereka tetap mengikuti perlombaan dengan sportif dan semangat. “Saya selaku Ketua Umum PIOS yang dibantu oleh ketua masing-masing bidang, ketua bidang ilmiah ada Ibu Retno dari FT (Fakultas Teknik, red.), cabang olahraga ada Bapak Fadil dari Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan bidang seni ada Bapak Hartono dari Fakultas Sastra mengucapkan selamat mengikuti PIOS. Kita ciptakan karya dengan sportivitas yang tinggi serta bermartabat,” tambah Dr. Heny Kusdiyanti.Setelah beberapa hari berjalan, pada (20/11) PIOS ditutup di Gedung Graha Cakrawala UM, dan dihadiri sekitar 12.000 mahasiswa dan para pejabat UM. Acara ini diawali dengan penampilan grup band  OPUS, kemudian dilajutkan dengan laporan Ketua Umum Panitia, sambutan Wakil Rektor III, Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed, dan diakhiri dengan pengumuman pemenang serta penyerahan piala dan hadiah. PIOS  maba 2017 dimenangkan oleh FIK sebagai juara I, FT sebagai juara II dan juara III diraih oleh FS.
Menurut Dr. Heny Kusdiyanti, PIOS 2017 menghasilkan banyak karya ilmiah yang diharapkan bisa masuk ke PIMNAS, dalam karya ilmiah ini kebersamaan  antar-maba sangat terlihat dari ide-ide yang mereka tuangkan. Pengenalan karya ilmiah dari awal menjadi mahasiswa baru akan mempermudah proses akademik di masa depan. PIOS memadukan kemampuan tiga hal yaitu kemampuan pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Amey

Bagikan informasi ini: