Kopma UM Kembali Juarai Kompetisi Nasional

Penyerahan Piala Juara UmumKoperasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang (Kopma UM) kembali meraih juara dalam acara Kopma Fair National Competition yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang (05-07/04). Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Koperasi Padang Bulan UIN Malang ini mewadahi antusias anggota kader agar mempunyai soft skill dalam mengelola event bertaraf nasional. Acara yang diadakan di Hotel Santoso, Batu, ini diikuti oleh kopma dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia, di antaranya Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), UIN Jakarta, Universitas Gajah Mada (UGM), serta Universitas Hasanudin. Event ke-3 ini  merupakan serangkaian acara dari peringatan Anniversary Kopma Padang Bulan ke 18 tahun. Pada tahun ini, Kopma Padang Bulan mengambil tema “Generasi Muda Menjunjung Pilar Ekonomi Koperasi yang Berdaya Saing di Era Digital”.


Berbagai rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Kopma Padang Bulan di antaranya Lomba Kopma Nasional yang meliputi lomba cerdas cermat dan debat tentang perkoperasian serta ekonomi secara umum. Pada kesempatan ini, Kopma UM turut andil dalam acara lomba cerdas cermat dan debat. Dewan juri pada lomba kali ini berasal dari praktisi Dosen Ekonomi UIN Malang, Dinas Koperasi Malang, dan Mahkamah Konstitusi.
Acara yang dilaksanakan selama tiga hari itu memberikan hasil yang memuaskan. Dalam lomba cerdas cermat dan debat, juara 1 diraih oleh Kopma UM dengan anggota tim bernama Asa’a Nur Fadhilah (Akuntansi 2015), Ahmad Syamsul Maarif La Pisu (Akuntansi 2016), dan Yuli Puspitasari (Manajemen 2017). Tidak hanya tahun ini saja, pada tahun sebelumnya Kopma UM juga meraih juara 1 esai dan juara 2 cerdas cermat. “Sangat bersyukur bisa meraih juara 1 lomba cerdas cermat dan debat, serta ucapan terima kasih kepada pihak–pihak yang telah mendukung. Semoga tahun depan bisa mengikuti lomba lagi dengan persiapan yang matang,” pungkas Ahmad Syamsul Maarif La Pisu. Hal senada diungkapkan oleh Asa’a Nur Fadhilah. “Tidak menyangka bisa meraih juara 1 dengan persiapan yang seadanya, kami sangat bersyukur. Jadi untuk tiga finalis dalam dua cabang lomba ini kebetulan sama, yaitu UIN Jakarta dan UGM, tapi Alhamdulillah UM tetap yang pertama,” tutup Asa’a Nur Fadhilah.Dessy

Bagikan informasi ini: