Alih Fungsi Gedung untuk Perkuliahan

Graha Rektorat memang sudah diresmikan, lalu bagaimana dengan gedung–gedung yang lama? Saat ini Universitas Negeri Malang (UM) sudah memanfaatkan gedung–gedung yang sudah tidak terpakai menjadi tempat perkuliahan. Seperti Gedung A2 lantai 1 sekarang dimanfaatkan sebagai perkuliahan Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi), sedangkan lantai 2 digunakan untuk perkuliahan mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG).

IMG_8597“Memang saya selaku Pengelola Perlengkapan Unit (PPU) di FPPsi meminta Gedung A2 walaupun itu hanya sebagian karena sarana prasarana dari Gedung C1 itu kurang. Apalagi dulu kami dipinjami oleh pihak UM Gedung Soka Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Akhirnya dari pihak Psikologi mengupayakan untuk memanfaatkan Gedung A2,” ujar Achmad Nurngaini. Beliau juga menambahkan mengenai fasilitas yang ada di Gedung A2 seperti  LCD untuk menunjang pembelajaran masih mengambil dengan bongkar pasang di Gedung C1.
Ahmad Muam, S.Pd. selaku Kasubag Rumah Tangga menegaskan bahwa fasilitas yang akan digunakan nanti masih disimpan di Badan Milik Negara (BMN), sedangkan fasilitas di Gedung A2 seperti kursi yang ada di garansi saat ini masih dalam proses penghapusan. Barang yang sudah tidak terpakai akan dilelang dan yang masih bisa digunakan akan dimanfaatkan kembali. Beliau juga menambahkan bahwa kondisi Gedung A2 layak digunakan untuk perkuliahan karena sudah dibenahi. Pemanfaatan gedung ini sangat menunjang proses perkuliahan mahasiswa FPPsi.  “Sebelumnya karena Gedung C1 tidak muat, kami dipindah di Gedung Soka FIK. Namun, sekarang sudah pindah di Gedung A2 karena sudah bisa ditempati anak Psikologi dan saya lebih nyaman di kelas A2 karena lebih luas, lebih terang, dan lebih dekat dengan FPPsi sehingga lebih memudahkan mahasiswa,” ujar Ariesta Tri Pradani salah satu mahasiswi Pendidikan Psikologi, sedangkan untuk sistem perkuliahan tidak ada penjadwalan ulang karena jadwal perkuliahan yang berada di Gedung Soka itu hanya tinggal pindah kelas saja.
Gedung A3 digunakan untuk kegiatan–kegiatan mahasiswa terutama Aula A3 lantai 2 dan saat ini masih dalam proses rehab. Selain itu, ada juga gedung lain dimanfaatkan untuk proses perkuliahan. Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) yang digunakan sebagai perkuliahan S1-Teknik Mesin dan S2-Teknik Mesin. “Menurut saya, perkuliahan di gedung yang dulunya LP2M nyaman–nyaman saja. Fasilitas yang ada juga seperti AC dan LCD juga tercukupi walaupun ada yang beberapa tidak normal. Meskipun sering naik tangga tapi keadaan tersebut tidak menghalangi semangat saya untuk kulliah,” pungkas Rifki Ivandi mahasiswa S1-Teknik Mesin. Saat ini gedung tersebut juga masih dalam proses rehab agar lebih nyaman lagi digunakan untuk perkuliahan.Dessy

Bagikan informasi ini:

Leave a Comment