Turnamen Basket Jadi Ajang Promosi FIK

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan (BEM FIK) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Turnamen Basket Tingkat  Sekolah Menengah Atas (SMA) Putra/Putri se-Jawa Timur (13-22/4).  Bola basket merupakan salah satu olahraga yang populer  saat ini, baik di kalangan siswa maupun mahasiswa. Di samping itu, bola basket dirasa menjadi olahraga tim yang cukup praktis dengan hanya membutuhkan sepuluh orang pemain dan ukuran lapangan yang kecil.

2
Sasaran dari kegiatan yang dilaksankan di Gedung Kuliah Bersama Fakultas Ilmu Pendidikan (GKB FIP) ini adalah siswa SMA/sederajat. “Kami di sini menyasar siswa SMA karena kami ingin mencari siswa SMA yang berbakat dalam bidang bola basket dan nantinya diharapkan tertarik untuk masuk FIK UM melalui jalur prestasi,” tutur Fathan Qoriban, Ketua BEM FIK. Turnamen yang diadakan setiap tahun ini mengalami perkembangan dari tahun sebelumya. Pernyataan ini dibuktikan dengan bertambahnya jumlah peserta yang mengikuti turnamen. Total peserta yakni 22 tim putra dan 9 tim putri. Hadiah yang diperebutkan dalam turnamen ini adalah uang pembinaan dan piala. Tim putra dalam turnamen ini dimenangkan oleh SMAN 1 Kejayan dan tim putri dimenangkan oleh SMAN 8 Malang.
Setiap olahraga punya ciri khas dan keunikan masing-masing. Ciri khas tersebut bisa berupa peraturannya, teknik yang digunakan, jumlah pemain, ukuran, serta desain lapangan. Tak terkecuali dengan basket. Dalam pertandingan tersebut, panitia menerapkan beberapa babak. “Untuk putra terdapat empat babak grup, yaitu per delapan, per empat, semi final, dan  final, sedangkan untuk putri terdapat tiga babak grup, yaitu per empat, semi final, dan final,” jelas Iqbal Maghrobi selaku ketua pelaksana.
Acara ini mengalami beberapa kendala, masalah penyewaan GKB  yang terdapat perbedaan teknis penyewaannya dari tahun sebelumnya, waktu penyelenggaraan yang berdekatan dengan Ujian Akhir Sekolah (UAS) SMA, dan bersamaan dengan waktu perkuliahan. Akan tetapi, hal ini tidak menurunkan antusias peserta maupun penonton.
“Saya tertarik dengan turnamen basket karena sistem permainan yang sportif dan menyenangkan,” tutur Rahmadhani, siswa SMA Laboratorium UM. Siswa yang memiliki hobi olahraga ini mempunyai keinginan untuk masuk FIK UM. Dia berharap UM dapat memberikan kemudahan bagi siswa SMA yang ingin masuk UM melalui jalur prestasi olahraga.Amey

Bagikan informasi ini: