Vortrag Halten Ramaikan Kongres Nasional Bahasa Jerman

DSC00616

Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Jerman Indonesia (IMBSJI) merupakan sebuah wadah komunikasi bagi mahasiswa Bahasa dan Sastra Jerman di Indonesia. Setiap tahunnya, IMBSJI mengadakan kegiatan rutin bertajuk Kongres IMBSJI. Tahun ini, Jurusan Sastra Jerman (Sasjer) Universitas Negeri Malang (UM) menerima kesempatan untuk maju menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kongres IMBSJI XII. Kongres tersebut dilaksanakan selama empat hari (30/07-2/08) bertempat di aula AVA Fakultas Sastra (FS) UM.


Pelaksanaan Kongres IMBSJI XII hari pertama diisi dengan acara penyambutan para peserta Kongres IMBSJI XII oleh pihak Jurusan Sasjer UM. Ada 43 peserta dari sepuluh kampus yang bertolak dari kampus masing-masing untuk datang menghadiri Kongres IMBSJI XII tersebut. Seusai penyambutan, acara dilanjutkan dengan Focus Grup Discussion (FGD). Dalam sesi ini setiap peserta Kongres IMBSJI XII dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi. Disuguhkan lima tema untuk menjadi bahan diskusi kelompok, yaitu Bahasa Jerman dalam Dunia Kerja, Kegiatan Kejermanan di Dalam Kampus, Kegiatan Kejermanan di Luar Kampus, Tokoh Inspiratif dalam Bidang Bahasa Jerman, dan Kerja Sama Kampus dengan Institusi Jerman.
Seminar nasional dengan tema Bahasa Jerman dan Media Sosial dipilih untuk mengisi hari kedua (31/7) pelaksanaan kongres. Dalam seminar nasional ini, Jurusan Sasjer UM menghadirkan Dr. Phil. Dian Ekawati, M. A. dari Universitas Padjajaran (Unpad) dan tim Zitronenkuchen dari UM. Tim Zitronenkuchen merupakan sebuah tim dari Jurusan Sasjer UM yang memenangkan lomba video dengan hadiah terbang gratis ke Jerman. Usai jeda, kegiatan disambung dengan lomba Vortrag halten atau lomba berpidato dengan bahasa Jerman. Keunikan dari lomba ini, peserta tidak harus dari Jurusan Bahasa dan Sastra Jerman, namun mahasiswa umum juga boleh mengikutinya.  “Karena ini umum, jadi kalau misalnya dari SMA sudah ada teman yang belajar bahasa Jerman tapi ternyata dia kuliahnya nggak meneruskan ke bahasa Jerman, nah itu bisa diajak,“ papar Faizah Azmi selaku Ketua Panitia Kongres IMBSJI XII .
Pada hari ketiga (1/8) Kongres IMBSJI XII, dilangsungkan sidang untuk membahas konstitusi yang ada di IMBSJI sekaligus pemilihan ketua umum baru IMBSJI dan mendemisionerkan pengurus IMBSJI yang lama. Kegiatan sidang berlangsung sampai sore hari dan disambung dengan pentas seni yang menampilkan kreativitas dari perwakilan masing-masing kampus. Hari terakhir (2/8) dalam pelaksanaan Kongres IMBSJI XII, panitia bekerja sama dengan Auxploration, komunitas susur kampung di Kota Malang. Panitia mengajak seluruh  peserta berwisata menyusuri daerah Kayu Tangan dan kawasan sekitar Jalan Ijen.
Sebagai pionir dalam pelaksanaan Seminar Nasional dan Vortrag halten dalam Kongres IMBSJI, Sasjer UM berharap acara tersebut bisa menjadi variasi baru dalam pelaksanaan Kongres IMBSJI setiap tahunnya. “Harapannya, untuk kongres-kongres selanjutnya kegiatan yang seperti ini tuh dapat diteruskan, dapat dikembangkan lagi. Sehingga IMBSJI itu tidak hanya sebagai ajang kumpul-kumpul dan sidang, tapi juga bisa menjadi ajang perlombaan akademik secara sehat untuk para mahasiswa,“ tutup Faizah.Irkhamin

Bagikan informasi ini: