Civil Days 2018 Mantapkan Wawasan Green Buliding

Pemukulan gong menandai dibukanya serangkaian acara Civil Days 2018 di gedung H5 Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang (UM) pada Jumat (7/9). Pembukaan diawali dengan sambutan Hanny Paulus, Ketua Pelaksana Civil Days 2018 dan Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd., Sekretaris Jurusan Teknik Sipil FT UM. “Inovasi Struktur Bangunan Tinggi dengan Konsep Ramah Lingkungan di Daerah Padat Penduduk” menjadi tema Civil Days tahun ini. Tema ini dipilih dengan mempertimbangkan perlunya wawasan baru dalam bidang green building agar dapat merancang bangunan dengan benar dan tetap ramah lingkungan.


Civil Days 2018 merupakan salah satu kegiatan untuk menyambut ulang tahun FT ke-53. Acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Sipil ini memiliki dua acara inti, yaitu lomba tingkat nasional dan seminar nasional. Lomba tingkat nasional sendiri diikuti oleh siswa dan mahasiswa dengan jenis lomba yang berbeda untuk tiap kategori. Pada kategori SMA/SMK/MA/sederajat ada The 2nd National Paper Competition dengan tema “Inovasi Green Building Guna Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”. Lomba tersebut merupakan lomba karya tulis dalam bentuk paper. Sedangkan pada kategori mahasiswa D3/D4/S1, ada The 3rd Construction Management Competition dengan tema “Value Engineering Innovation for Energy Saving in Building Construction” dan The 3rd Green Concrete Competition dengan tema “Inovasi Beton Serat Mutu Tinggi Ramah Lingkungan”. Proses seleksi sudah dilakukan panitia sejak beberapa bulan lalu. Peserta yang berhasil lolos menjadi finalis akan bertanding di UM untuk menyelesaikan babak akhir.
Acara pembukaan tersebut juga dihadiri oleh para peserta lomba Civil Days 2018, baik siswa maupun mahasiswa dari seluruh Indonesia. Setelah dibuka secara resmi, serangkaian lomba Civil Days 2018 dilaksanakan keesokan harinya pada Sabtu (8/9) di gedung D9 FT UM. Sebelum itu diadakan technical meeting di gedung G3 FT UM seusai pembukaan dengan tujuan agar para finalis mengetahui teknis perlombaan yang akan dilaksanakan.
Satu lagi yang menjadi serangkaian acara Civil Days 2018 ini adalah Seminar Nasional Teknik Sipil & Call For Paper 2018 yang diselenggarakan pada Kamis (13/9). Pemateri yang didatangkan, yaitu Ir. Jimmy Siswanto Juwana, MSAE, dosen dari FTSP Universitas Trisakti sekaligus Core Founder Green Building Council Indonesia (GBCI), Dr. Ir. H. Syarif Burhanuddin, M. Eng., IPU sebagai Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Tirta Mazli, S.T. seorang Green Offficer dari PT Pembangunan Perumahan, Tbk. Dalam seminar ini peserta lomba Call For Paper semua kategori diminta melakukan presentasi dan mempublikasi hasil penelitian mereka. Publikasi hasil penelitian ini dalam skala nasional dan akan dibukukan dalam prosiding ber-ISBN. Seminar Nasional ini juga sebagai acara puncak dari Civil Days 2018. “Civil Days 2018 bisa lebih sukses dari tahun kemarin, bisa menjadi manfaat untuk teman-teman peserta lomba dan teman-teman yang ikut berkontribusi dalam kegiatan Civil Days 2018,” ungkap Hanny di akhir sesi wawancara. Tanzilla

Bagikan informasi ini: