Malang Eyes Lapwing (MEL) : Jika Cinta, Lepaskan!

Hal yang biasa dilakukan oleh suatu organisasi, tak terkecuali Malang Eyes Lapwing atau yang lebih dikenal dengan MEL, ketika menerima anggota baru yakni adanya kegiatan diklat (pendidikan dan pelatihan). Berlangsung selama tiga hari (13-15/12) di kawasan bumi perkemahan Cangar, MEL menanamkan kecintaan terhadap hewan dan alam pada anggota barunya bahwa burung sejatinya adalah bebas. Hal tersebutlah yang menjadi tema diklat ke-8 yakni “Jika Cinta, Lepaskan!”

Pada diklat tersebut, MEL juga mengenalkan kegiatan-kegiatannya seperti Bird Watching, membuat sketsa burung, sampai fotografi. Selain itu, MEL juga mendatangkan pemateri-pemateri ahli untuk memberikan dasar-dasar tentang Bird Banding atau memberi penandaan pada burung yang nantinya berguna untuk penelitian dan Citizen Science. Tidak hanya materi, MEL juga mengadakan semi kompetisi di bidang Bird watching, sketsa burung, dan menulis artikel.

Meskipun kebanyakan anggota dari MEL adalah mahasiswa Jurusan Biologi karena lebih banyak berkutat dengan alam dan hewan, MEL tidak menutup diri dengan menerima jurusan lainnya. Terbukti pada tahun ini MEL diikuti oleh dua orang mahasiswa Fisika dan satu orang mahasiswa Pendidikan IPA.

Penulis: Mita Berliana

Bagikan informasi ini: