Unit Kegiatan Mahasiswa Koperasi Mahasiswa (UKM Kopma) Universitas Negeri Malang (UM) berhasil meraih dua gelar juara sekaligus pada ajang olimpiade koperasi tingkat mahasiswa se-Jawa Timur. Ajang tersebut diselenggarakan oleh Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dalam rangka memperingati anniversary Kopma Unesa yang ke-38 pada Minggu (10/02) di gedung Fakultas Teknik Unesa. Kopma UM mengirimkan 2 tim delegasi. Tim A Giartiningsih dan Vina Nur Machabatulillah mahasiswi manajemen 2017 dan tim B, Nadya Pramudiana Fariza mahasiswi sosiologi 2018 dan Diah Ayu Meiliniasari mahasiswi Ilmu Perpustakaan 2018.

Pelaksanaan olimpiade terdiri dari beberapa tahap. Pertama, babak penyisihan dengan tes tulis. Setelah babak penyisihan, dilanjutkan dengan diskusi singkat Kopma se-Jawa Timur yang dihadiri ketua FKKMI (Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia), Luni Nanda Rahmawati. Dilanjutkan dengan pengumuman finalis. Dipilih 4 dari 43 tim keseluruhan peserta. 4 tim tersebut adalah 2 tim pewakilan Kopma UM, Kopma UPN, dan Kopma ITS. Tahap kedua, seleksi dilanjutkan dengan sistem cerdas cermat yang terdiri dari tiga babak. Babak pertama untuk jatah setiap tim, babak kedua rebutan, dan babak ketiga investasi. Dua tim perwakilan Kopma UM berhasil meraih juara 1 (tim B) dan juara 2 (tim A).

Sebelum mengikuti ajang tersebut, pihak Kopma UM melakukan persiapan-persiapan terlebih dahulu. Persiapan dilakukan sejak 3 minggu sebelum ajang tersebut. Setiap hari Selasa, Kamis, Jum’at, dan Sabtu semua perwakilan dibimbing oleh Kabid PSDA Kopma UM, Ma’arif La Pisu untuk mengulas materi sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan. Seperti undang-undang perkoperasian, sejarah koperasi, dinamika koperasi, koperasi dalam pasar, dan lain-lain.

Penyerahan hadiah dilakukan oleh perwakilan Dinas Koperasi Jawa Timur, Ahmad Rizadi. SE., M.A. Nadya salah satu perwakilan mengungkapkan kebahagiaannya karena ini adalah pengalaman pertama dan bisa meraih juara. Ajang ini juga dijadikan Nadya sebagai pembuktian pada semua orang bahwa organisasi memiliki nilai positif, salah satunya dengan mencetak prestasi. “Harapannya, supaya bisa terus berprestasi untuk UM dan bisa terus berproses untuk mencari pengalaman. Untuk teman-teman ayo berorganisasi, selama bernilai positif nggak ada ruginya cari pengalaman di luar kelas,” ungkap Nadya.

Pewarta: Flaurencia Irene