Demi menunjang produktivitas civitas akademika, UM gandeng iGroup Asia Pacific Ltd dalam sosialisasi penggunaan akses E-Journal Springer Nature pada (12/2). Kegiatan yang diikuti lebih dari 200 peserta tersebut berlangsung di Aula Perpustakaan UM. Menghadirkan pembicara yang kredibel di bidangnya yakni, Licensing Manager Indonesia, Bagaskara Handoko.

Tujuan acara ini tak lain untuk menyosialisasikan pemanfaatan jurnal elektronik dan penerbitan karya ilmiah bagi civitas akademika UM. “Harapannya untuk kalangan yang hadir pada acara ini, dapat memanfaatkan informasi khususnya E-journal Spinger, karena informasi tersebut sudah banyak yang bisa diakses secara gratis. Tingkatkan produktivitas dalam berkarya dengan memanfaatkan informasi yang ada semaksimal mungkin,” ungkap Bagaskara. Topik utama membahas seputar cara akses E-journal di springer secara gratis serta bagaimana membuat curriculum vitae secara online melalui ORCID sehingga para peneliti atau penulis tidak perlu bingung dan ribet karena aksesnya pun gratis.

Acara semakin semarak ketika memasuki praktik akses E-journal Springer, antusias peserta dalam bertanya sangat besar. “Sosialisasi ini sangat penting apalagi untuk kalangan civitas akademika dalam menunjang pembuatan karya. Kalau bisa, sering diadakan kegiatan seperti ini untuk mengetahui cara akses informasi digital secara mendalam,” ujar Salmanuddin Hafidz S, salah satu peserta dari kalangan mahasiswa.

Pewarta: Karina Okta Bella