I-Quran: Terobosan Ramah Difabel, Sabet Juara 1 LKTI Nasional

 

Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) di kancah Nasional. Tim UM yang beranggotakan Zahid Zufar At Thaariq (FIP), Fitrah Izul Falaq (FIP), dan Mohammad Hafif Afanilillah (FE) ini sukses meraih juara 1 LKTIN yang diselenggarakan oleh Universitas Nusantara PGRI Kediri pada (2-3/3). Perbedaan jurusan ketiga mahasiswa ini tidak menjadi halangan
untuk menciptakan karya inovatif dalam bidang pendidikan. Terbukti, kolaborasi tiga mahasiswa ini mampu menciptakan I-Quran yaitu kartu pembelajaran Alquran yang di dalamnya terdapat braille dan augmented reality yang memudahkan penyandang tunarungu dan tunanetra dalam membaca Alquran.

Zahid Zufar At Thaariq mengaku telah menyiapkan konsep I-Quran sejak 5 bulan yang lalu. Tentu saja tantangan yang mereka hadapi dalam perlombaan tersebut cukup rumit. Namun, hal itu tak menyurutkan tim ini untuk terus berjuang mengharumkan nama UM di tingkat Nasional. Tidak berhenti dalam perlombaan ini saja, rupanya ketiga mahasiswa ini termotivasi untuk segera mengembangkan media tersebut. “Ke depan kami akan mengembangkan media I-Quran lebih baik lagi agar manfaatnya segera dirasakan oleh masyarakat, khususnya para penyandang disabilitas,” tutur Zahid.

Pewarta : Dewi Ayu Sakdiyyah

Bagikan informasi ini: