Oleh : Djajusman Hadi

Para pembaca yang terhormat, terimalah salam hangat kami dari meja redaksi. Salam dan rasa syukur kami atas segala perubahan yang kami lakukan untuk meningkatkan kualitas Majalah Komunikasi baik dari segi penampilan maupun isi. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim Pengelola Majalah Komunikasi yang telah bekerja keras dalam membangun majalah kampus ini hingga meraih Bronze Winner yang diselenggarakan oleh Indonesia Print Media Awards (IPMA) dan dianugerahkan pada tanggal 7 Februari 2019.

Dalam Majalah Komunikasi ini, sebagai sajian berita utama kami mencoba mengulas tentang Pemeringkatan Kemenristekdikti 2019, yaitu target UM dalam menggapai kelima indikator klasterisasi kerja inovasi demi meraih peringkat klasterisasi. Bukan hal yang mudah untuk menjadikan UM naik peringkat dari posisi 14 menjadi 13. Peringkat ke-14 sendiri merupakan peringkat akhir pada klaster satu di dalam pemeringkatan Kemenristekdikti menjadikan UM naik satu peringkat tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan, perlu berbagai usaha untuk menaikkan peringkat UM dan menjadikannya sebagai universitas unggul dan rujukan di Asia.

Mulai tahun 2013, kementerian sudah mulai membentuk tim untuk menentukan klasterisasi atau perangkingan perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Tim ini pertama kali membahas model yang diadopsi untuk melakukan pengklasteran. Setiap pemeringkatan memiliki masing-masing indikator penilaian. Terdapat lima indikator yang harus dicapai masing-masing perguruan tinggi dalam mencapai target klasterisasi di Kemenristekdikti. Kelima indikator tersebut mencakup hal tentang: (1) Sumber Daya Manusia, (2) Kelembagaan, (3) Kemahasiswaan, (4) Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, dan (5) Inovasi.

Dari kelima indikator tersebut yang menjadi prioritas UM sebagai upaya untuk menaikkan peringkatnya adalah pada bidang riset dan publikasi, hak paten, serta Hak Kekayaan Intelektual (HaKI). Kini UM menduduki peringkat ke 14 universitas terbaik di Indonesia, ditargetkan tahun 2019 ini bisa naik satu peringkat ke posisi 13. Sebagai bekal guna mencapai raihan ke peringkat 13 yang dipersiapkan UM adalah mendidik, mematangkan, dan menyiapkan  mental mahasiswa. Selain itu, guna mendukung peningkatan peringkat tersebut, pencapaian ini tidak terlepas dengan adaya tim pemeringkatan UM yang dibentuk pertama kali pada bulan Juni 2018. Namun pada tahun ini kinerja tim pemeringkatan akan lebih dioptimalkan dengan dibentuknya anggota baru, maka saat ini sedang dibangun sebuah ruang kerja untuk tim pemeringkatan UM sebagai wujud nyata mengawal Unit Kerja UM.

Dalam rangka menuju puncak prestasi ke jenjang yang lebih tinggi, setidaknya ada beberapa upaya yang harus yang dilakukan, antara lain yaitu merevitalisasi dan mengaktualisasi terhadap kualitas kerja inovatif dalam mendidik, mematangkan, dan menyiapkan  mental mahasiswa dalam berprestasi secara akademik maupun non akademik.  Berprestasi adalah wujud aktualisasi kebebasan positif dalam rangka mengembangkan potensi insani dan potensi kolektif bangsa, dalam usaha mencapai cita-cita nasional. Berprestasi menjadi hal penting bagi spirit kita untuk terus memberikan karya inovatif terhadap stakeholder.

Hidup mestilah berprestasi agar kita mampu menghadirkan telaga inspirasi yang luas buat orang lain. Artinya kita akan menjadi sebaik-baiknya manusia jika kita mampu memberikan banyak energi kebaikan kepada sesama. Salah satu dari begitu banyak energi kebaikan itu adalah dengan menjadi insan berprestasi khususnya sebagai warga UM. Hidup mestilah berprestasi, hidup mestilah memberikan manfaat dan kemaslahatan. Hidup mestilah disii dengan warisan kebaikan yang selalu menginspirasi setiap orang. Oleh karena itu, mari kita sebagai warga UM membumikan semangat berprestasi dengan memanifestasikan kerja keras yang inovatif dan komprehensif yang penuh manfaat.

Seiring dengan liputan yang mengupas tentang Pemeringkatan Kemenristekdikti, maka dalam terbitan Majalah Komunikasi kali ini, kami juga menampilkan opini yang juga mengulas tentang manajemen inovasi, dan beragam info menarik seputar kampus di awal tahun 2019. Mari kita gelorakan semangat menggali kembali mutiara yang terpendam di dalam aset potensi diri kita dengan mengaktualisasi semangat berprestasi yang gemilang melalui kerja berprestasi. Semoga dengan komitmen kuat ini, UM dapat meraih prestasi menuju peringkat yang lebih tinggi.

Penulis adalah Penyunting Majalah Komunikasi