Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Universitas negeri Malang (UM) sukses menyelenggarakan Enterpreneur Day untuk kedua kalinya. Acara yang digelar pada (9/4) di lapangan Graha Cakrawala UM ini diikuti oleh 169 tim yang terdiri dari berbagai fakultas dengan keunikan usahanya masing-masing. Menurut Andreas Syah Pahlevi, S.Sn., M.Sn, Ketua Panitia Enterpreneur Day, tahun ini antusias mahasiswa UM sangat luar biasa. “Tahun ini sangat meningkat, ya. Saya juga tidak menyangka antusias mahasiswa akan luar biasa untuk acara ini, terbukti bahwa semangat mahasiswa UM dalam bidang wirausaha semakin meningkat setiap tahunnya,” ungkapnya.
Tim yang terdaftar dalam Enterpreneur Day kali ini telah melalui proses seleksi tingkat fakultas. Terdapat persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh tim, misalnya tim wirausaha bukan reseller dan usaha sudah dijalankan minimal selama enam bulan. Dalam sambutannya, Wakil Rektor III UM, Dr. Mu’arifin, M.Pd. mengatakan, “Wirausaha yang baik adalah wirausaha yang peka dengan lingkungan.” Hal ini tentu sejalan dengan harapan dari panitia dan dosen pengembang PMW dalam Enterpreneur Day tahun ini.
Juri dalam Enterprenuer Day kali ini diambil dari dosen pengembang PMW UM dan bekerja sama dengan Malang Creative Fusion. Penilaian yang dilakukan meliputi keunggulan produk, pengelolaan usaha, dan jaminan keberlanjutan usaha. Pemenang dari acara ini akan menjadi perwakilan UM untuk maju ke Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI). Tidak hanya itu, Nominator 25-30 juga akan mendapatkan bantuan dana dari UM mulai dari Rp3 juta hingga Rp8 juta setiap tim. Selain penilaian dari dosen pengembang PMW dan Malang Creative Fusion, ada juga penilaian dari pengunjung dan vote via Instagram untuk kategori tertentu. Penilaian tersebut untuk mendapatkan juara kategori stan terfavorit, stand terbaik, poster menarik, produk terunik, dan vlog terkeren.
Antusias yang luar biasa tidak hanya datang dari peserta, tetapi juga dari pengunjung dan mahasiswa. Terbukti dari ramaianya pengunjung dari sore hingga malam hari. Panitia juga menyediakan hiburan bagi pengunjung dan peserta. Acara hiburan ini diisi oleh perwakilan dari setiap fakultas dan penampilan dari Stand Up Indo Malang. Penampilan-penampilan tersebut menambah keseruan acara pada hari itu.
“Sebenarnya ekspektasi kami selaku panitia adalah mahasiswa mampu mempromosikan produk saja, tetapi ternyata pendapatan yang didapat mahasiswa lumayan banyak, malah ada stan yang bisa mencapai Rp3 juta hingga Rp4 juta dalam satu hari,” ungkap Andreas. Hal ini tentu sangat membanggakan. Terlebih, harapan dari panitia, peserta tidak hanya pandai dalam entrepreneur saja, tetapi juga edupreneur. Tujuannya adalah agar mahasiswa UM mampu menciptakan lapangan kerja dan menjaring tenaga kerja.
Acara ini ditutup oleh penampilan Stand Up Indo Malang dan pengumuman juara setiap kategori. Katogori Poster Terbaik dimenangkan oleh Halter Coffe, Kerabat Tani, dan Uwu Rice Bowl. Kategori Produk Terunik dimenangkan oleh Bommi Watches Wood, Plucea, dan Erro Project. Kategori Stan Terbaik dimenangkan oleh Mosu.ed, Kids Movement Indonesia, dan Oke Dekor. Sedangkan untuk kategori vlog terkeren berdasarkan like via instagram dengan judul Keseruan!! Enterpreneur Day, PMW Dong Selalu Senyum, dan Art Costum and Pigura. Pemenag kategori terakhir adalah Stan Terfavorit dimenangkan oleh KadoAsik.co, Waraga Wear, dan Produk Inovasi Custom. “Usaha yang baik adalah usaha yang dimulai, dikembangkan dan terus dilakukan, karena banyak yang memulai usaha tetapi tidak dilanjutkan,” pesan Andreas kepada semua mahasiswa yang akan dan sedang berwirausaha. Safira