Kontes Mobil Hemat Energi ( KMHE) merupakan lomba tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Tahun ini Universitas Negeri Malang (UM) didaulat menjadi tuan rumah penyelenggaraan lomba tersebut. Mengusung tema “Utas Awij untuk Alam” yang didasarkan pada bahasa khas arek malang, diharapkan kontes ini bisa menyatukan jiwa masyarakat untuk melestarikan lingkungan melalui konsep kendaraan hemat energi. Kegiatan yang diikuti oleh 80 tim dari 45 perguruan tinggi ini diselenggarakan selama 5 hari yakni pada (24-28/9) dengan sirkuit di Jalan Jakarta dan Jalan Simpang Ijen Kota Malang.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Didin Wahyudin menuturkan bahwa, kontes mobil ini merupakan ajang untuk mewadahi kreativitas mahasiswa di seluruh Indonesia dalam merancang, membangun, menguji, dan mengkompetisikan mobil hemat energi yang aman dan ramah lingkungan.
“Lomba ini mendorong mahasiswa untuk berperan aktif dalam menjaga kesinambungan dan ketahanan energi nasional” jelasnya. Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin M.Pd, pun mendukung penuh kegiatan kontes mobil hemat energi ini. “Sebagai tuan rumah, kami akan memberikan fasilitas dan kenyamanan selama kegiatan berlangsung” tuturnya.

Pewarta: Dewi Ayu Sakdiyyah