Information disclosure (keterbukaan informasi) sebagai peran informasi dalam mewujudkan generasi Indonesia emas 2045 merupakan tren saat ini yang diusung dalam seminar Forum Ilmiah Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM). Menghadirkan Ketua FPPTI Jatim (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia Jawa Tumur) yaitu Bapak Amirul Ulum ,S.Sos.,M.IP untuk membahas tuntas tantangan dan peluang perpustakaan di era keterbukaan informasi. Acara yang terdiri dari seminar perpustakaan, perlombaan dan penganugrahan bagi para pemenang lomba tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif dan masyarakat umum. Acara tersebut dilaksanakan pada (16-17/9) di gedung Aula A3 UM yang bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas mahasiswa khususnya mahasiswa Ilmu Perpustakaan.

Amirul Ulum ,S.Sos.,M.IP selaku pemateri menuturkan bahwa perpustakaan tidak hanya sebagai gudang buku tetapi sebuah gudang ilmu, tempat bertukar pikiran dan penyedia informasi terbuka untuk umum. “Transformasi peran perpustakaan tersebut guna mendukung program Indonesia yakni sustainable development goals khususnya bidang kesetaraan gender dalam akses informasi serta keadilan dalam memanfaatkan informasi secara merata” tuturnya.

“Peran perpustakaan di era modern sangat penting untuk mewujudkan generasi Indonesia emas 2045 sebagai agen perubahan untuk Indonesia maju. Perpustakaan di era keterbukaan informasi dapat menjadi sahabat generasi muda dalam mengembangkan bakat dan menghasilkan karya-karya terbaik untuk memajukan bangsa dan negara” ujar Renzy Ayu Rohmatillah, selaku Juara 1 Lomba Poster Kreatif dari Universitas Negeri Surabaya. Diakhir acara ditutup dengan sesi tanya jawab dengan peserta serta dilanjutkan dengan penganugrahan pemenang lomba artikel ilmiah, poster kreatif dan video inspiratif.

Pewarta: Karina Okta Bella