Ubah Hobimu Menjadi Bisnis yang Menguntungkan

Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar, itulah sekiranya yang dialami oleh Puguh Dwi Kristanto, seorang cooking YouTube dan penulis Resep Lovable Cake dalam seminar yang dilaksanakan oleh Creative Center Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang (UM). Mengusung tema “From Passion to Profit”, kegiatan ini bertujuan untuk memberi motivasi mahasiswa FE UM mengembangkan kreativitasnya. Acara tersebut dilaksanakan pada (17/9) di gedung D4 lantai 4 FE UM.

Puguh Dwi Kristanto selaku pemateri dalam acara tersebut menuturkan bahwa awal mula membuat konten YouTube sejak dirinya masih duduk di bangku SMK dengan modal terbatas berbekal hp dan tripod buatan sendiri dari kayu. Akhirnya ia memberanikan diri untuk membuat aktif di YouTube. Konten yang ia hadirkan, sebenarnya bukan hal baru, yakni cara memasak pada umumnya. Mulai dari menyediakan bahan sampai memamerkan hasil jadi, namun yang membuatnya berbeda oleh YouTuber lain yakni adanya unsur kesederhanan dalam tiap pembuatannya. Seperti, menawarkan cara membuat kue tanpa alat mixer atau oven dengan hasil ‘anti gagal’. Ia memilih konten memasak berdasarkan hobi.

“Awal pembuatan konten dulu hanya 36 subscriber, saat itu sebenarnya saya sudah mulai menyerah karena perkembangan jumlah penonton tidak signifikan, tetapi di situ saya mengubah maindset saya bahwa konten ini untuk memberikan informasi. Akhirnya saya membuang jauh keinginan untuk mendapat gaji yang besar seperti para YouTuber yang lain. Dari situ saya tetap menikmati kegiatan saya yaitu memasak sambil divideo, hingga akhirnya saat ini sudah mencapai 788 ribu subscriber, dengan gaji yang bisa dibilang cukup untuk kebutuhan sehari-hari,” tuturnya. Di akhir acara kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab dengan peserta dan dilanjutkan dengan kuis untuk mencari pemenang yang berhak menerima buku resep dari pemateri.

Pewarta: Dewi Ayu Sakdiyyah

Bagikan informasi ini: