Kepengurusan mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) setiap tahunnya selalu berganti dengan kepemimpinan yang baru dan dipilih secara demokratis oleh semua mahasiswa UM melalui Pemilihan Raya (Pemira). Pelantikan pengurus harian Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dilaksanakan pada hari Jumat (14/2) di Aula A3 UM.

Pelantikan dimulai dengan pengucapan janji oleh semua pengurus DPM, BEM, dan UKM. Prof. Dr. H. AH. Rofi’uddin, M.Pd. hadir dalam acara pelantikan, mengiringi para pengurus baru melantangkan janji mereka. “Dengan mengucap BismiIlahirrahmanirrahim, pada hari Jumat 14 Februari tahun 2020, saya Rektor Universitas Negeri Malang dengan ini melantik pengurus DPM, BEM dan UKM tahun 2020. Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat dan hidayahNya kepada saudara selama menjalankan tugas,” tutur Rektor UM tersebut. Beliau juga memberikan beberapa patah kata penyemangat bahwa janji yang telah diucapkan oleh para pengurus DPM, BEM dan UKM harus dijalankan dengan sungguh-sungguh karena di dalamnya terdapat pembelajaran berharga dan bisa menjadi bekal mendatang. “Apa yang saudara jalani merupakan proses pembelajaran yang ujungnya akan saudara manfaatkan di dalam kehidupan nyata baik di dunia kerja maupun di masyarakat,” terangnya.

Di akhir pidatonya, dosen bahasa Indonesia Pascasarjana UM ini mengingatkan seluruh pengurus DPM, BEM, dan UKM terpilih untuk tidak teledor terhadap perkuliahan dan diharapkan bisa lulus tepat waktu. “Mengingatkan saudara, bahwa berlama-lama studi bukan zamannya lagi, sesibuk apapun saudara mengurus DPM, BEM, dan UKM, tugas utama saudara adalah lulus tepat waktu, saya tidak ingin melihat pengurus DPM, BEM, dan UKM studinya lebih dari delapan semester. Juga diharapkan saudara bisa memberi contoh pada teman-teman saudara bahwa saudara patut menjadi pengurus dengan IPK terbaik,” tandasnya.

Pewarta: Agustin Rahayu Intan Berlianti