Nama Lengkap : Nyie Masayu Nanda Ningtyas (Masayu)
TTL : Malang, 3 Maret 2000
Alamat : Jalan Dipenegoro, Junrejo, Batu
Hobi : Travelling, fotografi, olahraga


Riwayat Organisasi
Bendahara Youth For Well Education and Social Movement (2019)
Humas Paguyuban Duta Kampus UM (2019)
Prestasi
Juara 2 Karate Kejuaran Nasional Jombang Open (2013)
Juara 2 Karate Universitas Indonesia Championship (2014)
Duta Kesehatan Kota Batu (2016)
Pengibar Bendera-Paskibraka (2016)
The Winner Duta Kampus UM (2019)

Sejak kapan Masayu mempersiapkan diri untuk ikut ajang Duta Kampus 2019?

Nggak ada persiapan apa pun awalnya. Sebenernya lebih ke persiapan mental, siap menerima hasil apapun dan berusaha melawan keraguan. Karena, awalnya saya bingung mau ikut nggak ya? Tapi kemudian saya bertanya pada diri sendiri, masa iya buat mencoba aja aku takut? Jadi, akhirnya saya membera­nikan diri ikut pemilihan Duta Kampus.

Apa yg memotivasi Masayu untuk mengikuti pemilihan duta kampus?

Dulu waktu SMA, saya terbiasa aktif dalam berbagai kegiatan, nah sekarang, saya sudah kuliah. Tapi bagi saya tetap saja, di kampus, saya nggak mau gini-gini aja. Saya ingin mengikuti ke­giatan yg bisa menambah relasi, bersama dengan orang-orang yang bisa membuat saya ikut berproses. Selain itu, juga seka­ligus ingin tahu tau sejauh mana kemampuan saya. Dan saya rasa, menjadi Duta Kampus adalah jawaban dari keinginan saya.

Kemampuan apa saja yang harus dikuasi untuk bisa menjadi duta kampus?

Ada beberapa kemampuan yang harus bisa dikuasai, di anta­ranya adalah kemampuan untuk bisa berbicara di depan umum (public speaking) dan selain itu juga ada 3B (brain, beauty, behav­iour). Kemampuan-kemampuan tersebut menjadi kriteria yang sangat menentukan terpilihnya Duta Kampus. Di antara beberapa kemampuan yang telah saya sebutkan, jangan lupa, yang paling penting dari itu semua adalah menjadi diri sendiri, just be yourself.

Program apa yang Anda canangkan saat menjadi duta kam­pus?

Kalau program itu kan tentang kesepakatan bersama juga, tapi kalau saya sendiri lebih ingin mengubah statement sebagian orang mengenai duta kampus. Kami, duta kampus ini merupakan kaki tangan dari humas UM dan kami juga memiliki tanggung jawab sebagai promotor bagi UM. Tugas kami antara lain sebagai pro­tokoler, membangun public relation di dalam dan di luar kampus, mewakili UM dalam event di luar kampus (attending), dan juga memberikan pelayanan informasi. Nah oleh karena itu, kami duta kampus berupaya untuk terus berprestasi dalam bidang akademik maupun nonakademik agar dapat membawa nama baik UM.

Apa contoh public relation yang dilaksanakan oleh duta kam­pus?

Public relation yang di luar kampus ini kita biasanya ikut berpar­tisipasi dalam berbagai kegiatan sosialisai tentang UM yang ada di bawah naungan humas. Di tahun-tahun sebelumnya duta kampus ikut serta jika humas UM menghadiri sosialisasi di kota-kota lain, termasuk di luar jawa. Di berbagai event kita menggandeng berb­agai sponsor untuk menambah relasi sekaligus menjalin kerja sama yang baik dengan pihak di luar kampus.

Siapa saja yang berperan dalam keberhasilan Anda menjadi duta kampus?

Pertama adalah keluarga, karena dengan doa dan du­kungan dari keluarga, semua dapat berjalan dengan lan­car. Selain itu, teman-teman dekat saya juga berperan pent­ing, termasuk teman-teman sekelas saat saya masih duduk di bangku SMA. Mereka rela datang di acara grand final pe­milihan Duta Kampus, bahkan hingga acara selesai.Nilam