Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) buktikan berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri. Enam delegasi Jurusan Biologi FMIPA telah mengikuti program Research Internship di National Tsing Hua University (NTHU), Taiwan. Keenam delegasi tersebut terdiri dari satu staf akademik, Wira Eka Putra, S.Si., M.Med.Sc. dan lima mahasiswa; tiga mahasiswa magister biologi (Rizqa Radhiyah, S.Pd., Eka Pratama Putri, S.Si., dan Putri Diyah Anggraini, S.Si., red.) dan dua mahasiswa sarjana (Sa’diyatul Rizqie Amaliyah Firdaus dan Mochammad Sholeh, red.). Dalam kegiatan yang berlangsung kurang lebih tiga minggu (7-26/01) tersebut, para delegasi mengikuti berbagai pelatihan dan peningkatan kemampuan kerja laboratorium secara intensif, serta beberapa kuliah umum.

“Kami di sana juga melakukan trial alat,” tutur Moch. Sholeh, salah satu delegasi. Pelatihan skill laboratorium dimulai dari tingkatan yang sangat dasar seperti tata kelola laboratorium hingga eksperimen yang sangat advance seperti western blotting, flowcitometry, dan penggunaan oroboros. Setelahnya, mahasiswa diajak berdiskusi oleh masing-masing supervisor untuk mengukur pemahamannya. Sholeh menjelaskan, di sana para delegasi digolongkan berdasarkan research yang dilakukan di Malang. “Kami digolongkan ke dalam tiga profesor yang bidangnya berbeda-beda,” jelasnya. Kegiatan research internship di College of Life Science NTHU ini merupakan kegiatan perdana untuk menjalin kerja sama yang lebih erat dengan NTHU, baik dalam peluang kerja sama riset, studi lanjut, maupun publikasi.

Sejak tiga bulan sebelum pemberangkatan, mahasiswa telah diberi berbagai pembekalan terkait kegiatan yang akan dilakukan serta melatih kemampuan berbahasa. Sebelumnya, proses seleksi telah diadakan melalui interview. Hendra Susanto, S.Pd, M.Kes., Ph.D, pembimbing kegiatan internship menyatakan, dengan adanya program ini kerja sama UM dengan NTHU bisa lebih erat lagi. Dosen yang memiliki dua orang putra ini juga berharap adanya kerja sama program student exchange, staff exchange, serta dual degree S-2 FMIPA UM dengan College of Life Science NTHU. Lebih dari itu, dosen yang juga menjabat sebagai Staf Wakil Rektor III UM ini bercita-cita agar FMIPA UM bisa menjalin kerja sama dengan profesor di NTHU untuk menjadi pengajar daring melalui sipejar. Dari kegiatan ini juga, Hendra berharap mahasiswa yang turut menjadi delegasi dapat membagikan pengalaman yang diperoleh dan memantik semangat belajar teman-temannya.

Sebagai salah satu delegasi, Sholeh mengaku sangat senang dan beruntung dapat merasakan pengalaman magang di laboratorium perguruan tinggi yang menduduki peringkat ke-25 tingkat dunia tersebut. Menurutnya, NTHU sejatinya perguruan tinggi unggulan yang sangat tertutup untuk membuka kerja sama dengan perguruan tinggi lain. UM merupakan salah satu perguruan tinggi yang beruntung mendapatkan kesempatan emas itu. Sholeh berharap, program kerja sama antara UM dengan NTHU terus membaik. “Semoga ada yang meneruskan pendidikan di sini, baik master or Ph.D,” harapnya. Mahasiswa angkatan 2017 ini juga berharap dapat melanjutkan S-2 di NTHU. Saat akhir program research internship, perwakilan College of Life Science NTHU, Profesor I-Ching dan Profesor Chang memang telah menyampaikan bahwa NTHU sangat mendukung kegiatan kolaborasi antara antara UM dengan kampusnya, terutama di bidang riset. Direktur yang menangani mahasiswa internasional, Profesor YJ Sun juga mengundang secara langsung mahasiswa yang telah mengikuti internship untuk dapat melanjutkan studi di NTHU nantinya. Diah