Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) kembali mengharumkan Universitas Negeri Malang (UM) dikancah internasional. Dibimbing oleh Dr. Eng. Anik Nur Handayani, S.T., M.T, Ria Febrianti dan Syafirah Aisyah berhasil menyabet Double Gold Medal dan The Best Invention and Innovation pada ajang International Conference on Creativity and Innovation (ICCI) 2020 yang diselenggarakan oleh Universitas Malaysia Perlis di Eastin Makkasan Hotel, Bangkok pada (3-4/02). Ajang ICCI 2020 membawa kesan berbeda untuk mereka, karena saat mempersiapkan perlombaan tersebut banyak rintangan, “Luar biasa banget rasanya pas pengumuman, ternyata diumumin paling terakhir untuk tim kita. Sedangkan tim yang lain dari UM sudah dapat medali semua,” ujar Syafirah.

Proses seleksi mulai dari entry form yang dikirim ke pihak penyelenggara hingga presentasi yang telah mereka lalui, berhasil menyabet medali emas dengan karya yang bernama VIP TRACKER. ” Alhamdulillah, untuk persiapan presentasi lomba tim kita kurang lebih 10 hari. Latihan presentasi menggunakan bahasa Inggris itu tantangan paling berat karena kami sama-sama belum fasih berbicara bahasa Inggris. Dibantu dosen pembimbing dan beberapa kakak tingkat yang melatih presentasi kami, akhirnya saat perlombaan kami bisa presentasi dengan lancar,” tuturnya saat diwawancara tentang proses perjuangan yang mereka lalui pada ajang ICCI 2020.

Syafirah juga membubuhkan harapan untuk generasi muda, “Mumpung masih muda, waktunya masih panjang, ayo cari prestasi sebanyak-banyaknya. Jangan takut karena belum ada pengalaman. Juga jangan putus asa hanya karena persaingan yang ketat dan kemajuan teknologi yang sangat pesat. Tetap ciptakan inovasi-inovasi baru untuk bangsa yang lebih baik. Sekecil apapun ide akan sangat berarti, jangan takut dengan ide yang kamu ciptakan. Aneh gak papa, itu biasa, yang penting do your best!,” tandasnya.

Pewarta: Waviq Azizah