Adanya wabah Covid–19, membuat masyarakat mengalihkan banyak hal dari luring (offline) menjadi daring (online), termasuk dalam dunia pendidikan. Pembatasan aktivitas di kampus membuat banyak kegiatan harus diselenggarakan secara daring. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Malang (LP2M UM) menyikapi hal ini dengan menyelenggarakan rangkaian kegiatan daring mulai dari webinar sampai pelatihan. Salah satu pelatihan yang diselenggarakan oleh LP2M UM adalah “Pelatihan Analisa Data Kuantitatif Mengunakan Software SPSS”. Pelatihan ini diselenggarakan dalam bentuk pemaparan materi, praktik langsung dengan software, serta pengerjaan tugas. Pemaparan materi serta praktik dilaksanakan dalam tiga pertemuan dimulai tanggal (11/6), dilanjut tanggal (18/6), dan terakhir tanggal (25/6). Saat ini kegiatan dilanjutkan dengan pengerjaan tugas analisis data yang akan berakhir pada tanggal (2/7).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh pusat pendidikan LP2M UM, bertujuan membantu para mahasiswa maupun dosen yang sedang mengerjakan penelitian maupun tugas akhir dengan data kuantitatif. Melalui pelatihan ini, diharapkan dosen maupun mahasiswa tersebut mampu mengolah data mentah hasil penelitian menggunakan software serta melakukan interpretasi terhadap luarannya.

Pembukaan acara di awali oleh sambutan dari Sekretaris LP2M UM, Dr. Ahmad Munjin Nasih, S.Pd., M.Ag. Dalam sambutannya, ia menyatakan bahwa UM secara kelembagaan sangat mendukung terlaksananya kegiatan pelatihan semacam ini karena dapat memberi manfaat bagi civitas akademika yang ada di lingkungan UM. Acara dilanjutkan dengan paparan materi oleh beberapa pemateri yang memiliki pengalaman dengan analisis data menggunakan SPSS, yaitu Dr Hendro Permadi, M.Si, Dr Ludi Wishnu Wardana, MM, dan Azizah S, Pd., M.Si. Acara yang terdiri dari beberapa sesi ini dipandu oleh salah satu moderator yang juga ahli dengan analiss data kuantitatif yakni Drs Burhanuddin, Ph.D. Kegiatan ini dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Zoom.

Pewarta: Azizah, S.Pd, M.Si

Editor: Bunga | Admin: Maria