Kegiatan LKMM-TM UM berlangsung selama tiga hari (6-8/4) 2021. Dihari kedua (7/04), suasana sangat hangat dan meriah meski dilaksanakan secara daring. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 13.00-16.00 WIB ini, menghadirkan tiga materi pelatihan untuk peserta, yaitu klasifikasi masalah organisasi, pengukuhan kinerja organisasi, dan rencana pengembangan organisasi.

Menariknya dalam pelaksanaan LKKM-TM hari kedua ini, mahasiswa dibekali cara untuk memecahkan masalah di dalam organisasi. Seakan-akan mahasiswa harus mampu menyusun solusi dari sumber masalah berdasarkan gejala yang nampak dari organisasi yang berkaitan. Selain itu, peserta diminta untuk mengklasifikasikan contoh-contoh masalah organisasi yang telah diberikan. Dudung Ma’ruf Nuris, S.Pd., M,Pd, pemateri tentang klasifikasi masalah organisasi menyebutkan bahwa pemecahan masalah bisa dilakukan dengan melakukan evaluasi sistem kerja organisasi. “Pemecahan masalah juga bisa dilakukan dengan cara menemukan solusi dari faktor-faktor yang menimbulkan masalah,” imbuhnya.

Semakin sore, antusias peserta semakin meningkat ketika Pemandu Agung Witjoro, S.Pd., M.Kes. memantik pertanyaan berbagai masalah yang sudah dipaparkan kepada mahasiswa mengenai pengukuhan kinerja organisasi. Sehingga pada diskusi kali ini tergolong riuh dengan berbagai macam pertanyaan dari mahasiswa. “Dari sinilah kita bisa melihat pola pikir kita dengan pola pikir lainnya memiliki keriteria berbeda. Maka dari itu, di sebuah organisasi kita dituntut untuk bisa menyamakan persepsi satu dengan lainnya dan mampu mendiagnosa kondisi suatu organisasi dengan metode SWOT dalam organisasi sehingga kita bisa mengembangkan diri,” tutupnya di akhir sesi materi kedua.

Selanjutnya, agar mahasiswa matang dalam merumuskan persoalan-persoalan organisasi dan mampu mentransformasikan masalah organisasi menjadi target yang harus dicapai, peserta diberikan materi mengenai penyusunan instrumen dan analisis lapangan secara virtual. Tentunya peserta diwajibkan untuk mengerjakan tugas yang diberikan secara kelompok berupa penyusunan Rencana Pembangunan Organisasi (RPO) dari hasil Pengembangan Keterampilan Organisasi (PKO) di lapangan. Hasil RPO ini nantinya akan dipresentasikan dipertemuan selanjutnya.

Pewarta: Izam Masroir