Dewasa ini, manusia dihadapkan pada ancaman problem lingkungan. Industri dan gaya hidup mengakibatkan polusi dan kerusakan yang sangat mengancam keberlangsungan ekosistem dan sumberdaya alam. Untuk menemukan solusi terhadap problem tersebut jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang menyelenggarakan The 3rd International Conference on Geography and Education (ICGE 2021) dengan tema “The Dynamics And Challenges Of Geography Study To Improve Environmental Sustainability” (29/07). Sejumlah profesional dan ahli di bidang geografi hadir sebagai pembicara yaitu Prof. Tan Geok Chin Ivy, Ph.D ahli kurikulum pendidikan lingkungan dari Universitas Teknologi Nanyang, Dr. Ariane Utomo ahli ilmu demografi dari Universitas Melbourne, Assoc. Prof. Edo Han Siu Andriesse, Ph.D ahli geografi manusia dari Universitas Nasional Seoul, Dr. Ravinesh Rohit Prasad dari Universitas Nasional Fiji, Dr. Didik Taryana, M.Si., ketua jurusan Geografi, dan Dr. Budi Handoyo, M.Si dosen Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembatasan di masa pandemi Covid-19 mengharuskan konferensi international ini diselenggarakan secara daring melalui platform video conference Zoom Meeting. Meskipun demikian kegiatan ini dikuti dengan sangat antusias oleh lebih dari 300 peserta dan pemakalah dari dalam negeri dan luar negeri.

The 3rd ICGE 2021 melanjutkan kesuksesan The 1st ICGE tahun 2016 dan The 2nd ICGE tahun 2019. Pada pertemuan ilmiah tahun ini berhasil mengumpulkan ratusan peserta dan menerbitkan makalah konferensi dalam prosiding internasional. The 3rd ICGE 2021 bertujuan memberikan ruang bagi para peneliti, akademisi, praktisi, dan profesional dari berbagai bidang studi untuk mempresentasikan hasil kegiatan penelitian dan pengembangan mereka di bidang geografi dan pendidikan. Kegiatan ilmiah ini juga memfasilitasi peserta, pembicara dan pemakalah membentuk forum internasional di mana peserta memiliki peluang untuk berbagi ide, pengalaman, keahlian, dan pengetahuan tentang isu-isu global dalam ilmu dan pendidikan geografi.
Agenda The 3rd ICGE 2021 dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama upacara pembukaan sekaligus sesi pleno dan sesi kedua adalah sesi paralel presentasi makalah prosiding. Konferensi dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Negeri Malang, Prof. H. A.H Rofiuddin, M.Pd. Sesi pleno terlaksana dengan baik dan lancar. Sesi ini dipandu oleh Rifka Fachrunnisa, S.Pd, M.Ed., dosen jurusan Biologi dan Heni Masruroh, S.Pd., M.Sc., dosen jurusan Geografi, Universitas Negeri Malang.

Pada sesi parallel terdapat 100 pemakalah dari dalam dan luar negeri memaparkan hasil penelitian. Sesi ini dibagi menjadi empat kelompok tema yaitu The Role of Study Geography and Geoscience to Achieve Sustainable Development Goals Panel, The Role of Study Geography and Geoscience to Achieve Sustainable Development Goals Panel Session, Science, Education and Technology Innovation for Environmental Sustainability Panel, dan Science, Education and Technology Innovation for Environmental Sustainability. The 3rd ICGE 2021 menghasilkan luaran berupa prosiding internasional yang diterbitkan oleh IOP dan KNe Publisher, penerbit terpandang dalam bidang ilmu lingkungan dan ilmu sosial.

Kontributor: Nailul Insani, S.Pd., M.Sc., Dosen Jurusan Geografi FIS, UM