Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang (HMJ Sasindo UM), Fakultas Sastra UM menunjukkan rasa simpatinya pada warga korban erupsi Gunung Semeru dengan menggalang donasi dan menyalurkan pada warga di sekitar lokasi bencana.

Semeru, salah satu gunung berapi aktif di kawasan wisata Bromo, Tengger, Semeru (BTS) telah menyemburkan guguran awan panas pada Sabtu (4/12/2021). Aksi galang donasi dan penyaluran bantuan oleh HMJ Sasindo memperoleh respon positif dari civitas akademika prodi sastra Indonesia bahkan masyarakat sekitar kampus. Terbukti donasi yang terkumpul tidak hanya berasal dari kalangan mahasiswa HMJ Sasindo UM saja namun juga dari seluruh civitas akademika UM, termasuk dari mahasiswa lintas program studi, dosen, alumni dan masyarakat umum.

Donasi berupa dana dihimpun melalui rekening bank HMJ Sasindo UM sedangkan donasi berupa barang dikumpulkan melalui Sekretariat HMJ Sasindo UM. Donasi kemudian disalurkan melalui pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang. Kegiatan Galang donasi ini berhasil mengumpulkan uang tunai sebesar Rp. 2.900.000,- dan sejumlah bahan makanan, susu, suplemen/vitamin, obat-obatan, masker, tikar/terpal, pembalut, popok bayi, dan alat shalat.

Kirana Dani Dyah Larasati perwakilan HMJ Sasindo UM menyampaikan bahwa setelah donasi terkumpul, mereka segera menyalurkan bantuan tersebut melalui PMI Kota Malang untuk didistribusikan pada korban erupsi Semeru agar dapat memberi manfaat memenuhi kebutuhan para korban.

Wike Audy Vivian, Bendahara Umum HMJ Sasindo UM 2021 berharap, donasi tersebut dapat membantu korban erupsi agar segera bangkit dari musibah yang dialami. Melalui aksi ini, HMJ Sasindo UM belajar menerapkan salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Reporter: Naufal Yuan Nabila