Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Catur Universitas Negeri Malang (UM) atau yang dikenal sebagai Chesster UM tampil sebagai Juara 1 UI Rektor Cup 2022. Dengan perolehan skor tertinggi sebanyak 89 poin (Pts), Chesster UM berhasil mengalahkan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang berada di peringkat kedua, dan Universitas Indonesia (UI) di peringkat ketiga.

Turnamen tersebut diselenggarakan oleh UI secara online melalui aplikasi Lichess dan Zoom pada Sabtu–Minggu (15–16/1). Untuk sistem pertandingannya, aplikasi Lichess menggunakan sistem arena yaitu sistem bermain secara terus menerus selama dua jam sehingga tidak menggunakan sistem beberapa babak. Selain itu, aplikasi Zoom digunakan untuk mengawasi peserta agar tidak melakukan kecurangan.

Ketua Tim Attack from Chesster UM, Farhan Yunus Aminudin, mahasiswa S1 Pendidikan Matematika mengatakan bahwa timnya beranggotakan empat mahasiswa, yakni dirinya, Ach. Luthfi Rahman, mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Muhammad Khoirul Umam, mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Dasar Perkantoran, dan Imam Tree Utomo, mahasiswa S1 Teknik Elektro.

“Pada turnamen kali ini, Tim Chesster UM sebenarnya sudah bisa memprediksi perolehan juara di peringkat tiga besar. Namun, untuk juara satu sendiri membutuhkan usaha yang maksimal dan tentunya kekompakan tim. Hal tersebut juga tergambar dari selisih poin yang tidak terlalu jauh dari tim-tim lain.” Tutur Farhan ketika diwawancara pada Rabu (26/1).

Farhan menambahkan, meskipun kompetisi tersebut diselenggarakan secara online, hal itu tidak mengurangi jiwa kompetitif dari para peserta pada saat mengikuti perlombaan.

“Walaupun penyelenggaraan acaranya online, kami masih merasakan ketegangan ketika bermain, apalagi ini merupakan turnamen resmi dan diadakan oleh universitas ternama. Tentunya rasa gugup selalu muncul ketika mengikuti turnamen online maupun offline.” Imbuh Farhan.

Pelaksanaan turnamen diawali dengan pembukaan pendaftaran dan technical meeting H-1 pertandingan pada 14 Januari 2022. Kemudian, 15 januari 2022 babak penyisihan dimulai. Terdapat 2 pool di mana masing-masing pool berisi 10 tim dari berbagai universitas. Babak penyisihan menghasilkan lima tim dari masing-masing pool yang disiapkan untuk lanjut ke babak final.

“Perasaan saya dan teman-teman satu tim tentunya bersyukur. Alhamdulillah, merasa sangat senang meraih prestasi bersama. Tak lupa, Juara 1 UI Rektor Cup diraih untuk membanggakan Universitas Negeri Malang khususnya UKM Chesster UM.” Ujar Farhan.

Farhan berharap, untuk ke depannya semoga Chesster UM selalu bisa meraih juara di berbagai turnamen lainnya baik online maupun offline sehingga dapat membawa nama baik UM. Dirinya juga berharap sarana dan prasarana yang mendukung dapat meningkat ketika bermain catur pada turnamen yang akan datang.

Reporter: Erlina Febrianti