Berkah Ramadan tahun ini nampaknya dirasakan oleh Adibah Alkarimah mahasiswi Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (FS UM). Berawal dari cover lagu melalui akun Instagram pribadinya, Adibah memukau salah satu crew GTV yang kemudian menghubunginya untuk mengikuti audisi Syair Ramadan 2022. Acara tersebut ditayangkan oleh GTV dan diiunggah di kanal Youtube Officialgtvid. Adibah berhasil mendapatkan golden ticket setelah mengirimkan video karyanya pada Tim Kreatif GTV melalui Whats App. Berbeda dengan audisi pada umumnya, audisi Syair Ramadan 2022 mewajibkan peserta untuk mengunggah video bernyanyinya di aplikasi RCTI+. Adibah menyiapkan performa nya sebaik mungkin, mulai dari pilihan busana hingga latihan vokal agar tampil maksimal.

Lagu religi berjudul Doaku Harapanku dan lagu bahasa Arab berjudul Al-itirof menghantarkannya lolos penyisihan ke babak 32 besar dari ribuan peserta audisi Syair Ramadan 2022. Acara tersebut sempat berganti nama, yakni Voice of Ramadhan menjadi Syair Ramadan 2022. Program televisi unggulan GTV tersebut terdiri dari 10 episode, yakni episode 1–8 yang merupakan babak penyisihan dengan 4 peserta di setiap episodenya. Selanjutnya, episode 9–10 merupakan babak semifinal dan final. Adibah memanfaatkan kesempatan berharga dan langka tersebut secermat mungkin.

“Selama empat hari saya berada di Jakarta, semua biaya ditanggung oleh pihak Syair Ramadan GTV kemudian di hari pertama, saya dikarantina selama 1×24 jam. Di hari kedua, saya mulai melakukan aktivitas. Mulai dari fitting busana hingga foto promosi. Hari ketiga, saya melakukan latihan vokal, stage act, dan gladi resik bersama mentor (Sulis dan Danang). Pada hari keempat, saya tampil secara langsung di hadapan juri (Inul Daratista, Armand Maulana, dan Ustaz Zacky Mirza). Saya juga mendapatkan request dari Bunda Inul untuk menyanyikan lagu berjudul Easy On Me versi koplo. Bahkan, Bunda Inul menyawer saya untuk mencairkan suasana,” Ujar Adibah saat diwawancarai oleh Reporter Komunikasi (13/5).

Menyadari bahwa potensi dan kerja keras sangat diperlukan untuk mencapai hasil terbaik, Adibah akan selalu berusaha memanfaatkan peluang yang ada dan berkomitmen untuk terus berlatih dan menguatkan hati dan mental. Adibah yakin dengan dukungan orang-orang di sekitar akan memampukan danmemperlancar perjalanannya menuju kesuksesan. Adibah juga berharap, pencapaiannya mampu menginspirasi mahasiswa UM yang lain untuk terus mengasah potensi diri agar mampu meraih impian di masa depan.

Reporter: Naufal Yuan