Dalam rangka Dies Natalis UM ke-68, Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kegiatan jalan sehat, fun bike, dan traditional sport tournament sebagai salah satu usaha untuk menciptakan semangat olahraga di kalangan civitas akademika UM. Kegiatan tersebut bertema “Inovasi Semesta Prestasi”. Acara dilaksanakan pada Minggu, 16 Oktober 2022 yang diawali dengan kegiatan senam bersama di pagi hari. Ratusan civitas akademika UM, baik mahasiswa, tenaga pendidik hingga para pejabat UM turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Sebelum jalan sehat dimulai, para peserta yang menggunakan sepeda diarahkan untuk terlebih dahulu berangkat dengan bersepeda sebagai wujud kegiatan fun bike kemudian disusul dengan para pejalan kaki. Rute jalan sehat dimulai dan diakhiri di Jalan Cakrawala, tepatnya di halaman parkir Stadion UM yang berdekatan dengan Graha Cakrawala UM dengan rute jalan sehat sejauh 10 kilometer. Tercatat, jumlah peserta mencapai lebih dari 17.000 orang. Acara juga semakin meriah dengan adanya undian yang terdiri atas enam unit sepeda motor sebagai hadiah utama dan berbagai hadiah menarik lainnya. Pemenang undian diumumkan pada akhir acara berdasarkan hasil pengundian kupon jalan sehat.

Tidak hanya jalan sehat yang disambut antusias oleh civitas akademika UM, berbagai kegiatan lain yang lekat dengan cabang olahraga juga sukses menuai respon positif di antaranya perlombaan tarik tambang, terompah panjang, dan egrang (Festival Olahraga Tradisional). Selain itu, ada pula turnamen bulu tangkis, tenis meja, dan voli pasir yang dilaksanakan di Stadion Indoor UM. Kesempatan unjuk gigi juga diberikan kepada para peserta dari cabang lomba menyanyi, puisi, fotografi hingga peragaan busana. Kegiatan dalam rangka Dies Natalis UM ke-68 juga menaruh perhatian pada kesehatan para peserta dengan mengadakan penyuluhan, penyediaan fasilitas donor darah hingga khitanan massal.

Aktivitas fisik berperan penting dalam mendukung kesehatan fisik dan mental manusia. Aktivitas fisik atau aktivitas kebugaran merupakan aktivitas menyenangkan yang mencakup unsur gerak aktif. Festival Olahraga Tradisional seperti lomba tarik tambang, terompah panjang, dan egrang yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis UM ke-68 bertujuan untuk mendukung kesehatan fisik dan mental civitas akademika UM, khususnya untuk meningkatkan kebugaran dan kebahagiaan. Ada berbagai manfaat yang akan diperoleh apabila melaksanakan aktivitas kebugaran di antaranya peningkatan stamina, penurunan kolesterol, penurunan tingkat stres, pembakaran lemak, peningkatan kekebalan tubuh terhadap penyakit, peningkatan fungsi otak, dan masih banyak lagi. Berolahraga secara rutin juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan membakar lemak berlebih di dalam tubuh.

Tubuh yang bugar dapat membantu kita untuk menyeimbangkan berbagai macam aktivitas setiap hari. Civitas akademika UM wajib mengetahui cara menjaga kebugaran tubuh dan manfaatnya agar dapat menjalani kehidupan kampus dengan sehat dan gembira. Perlu adanya kesadaran dari masing-masing pribadi untuk menjalani pola hidup sehat. Jalani pola hidup sehat dengan rutin berolahraga, menjaga asupan nutrisi, mengurangi kebiasaan yang kurang baik seperti merokok, dan istirahat yang cukup. Rhesna.