SSC sedang menyanyi di atas panggungUKM Swara Satata Cakti (SSC) kembali menggelar konser untuk anggota barunya pada Kamis (07/05). Bertempat di Gedung Sasana Budaya, konser tersebut mengusung tema “Zamrud” yang berarti melambangkan kemuliaan dan keagungan. Hal itu merupakan bentuk dari harapan untuk anggota baru dari UKM yang bergerak pada bidang tarik suara tersebut.
Tampak berbeda dengan konser sebelumnya, penonton disuguhi penyajian konser paduan suara yang dikombinasikan dengan tarian. Tarian-tarian tersebut merupakan suatu tarian
kombinasi yang disusun oleh tim perfoming art konser itu. ” Ya kita cari referensi di youtube. Kita cari gerakan yang kira–kira cepat untuk dihafalkan dalam waktu singkat. Lalu kita kombinasikan. Ya, jadi gerakan itu”, papar Arizia Aulia selaku Ketua Pelaksana.
Penambahan koreografer tersebut disajikan pada sesi kedua dengan membawakan lagu folklore. Lagu Janger dari Bali dan Bungong Jeumpa dari Aceh terpilih menjadi lagu daerah yang mereka bawakan. “ Karena kita ingin mengangkat budaya Indonesia yang ada lewat tarian dan paduan suara. Nah, Janger dan Bungong Jeumpa terpilih jadi yang dibawakan”, jelas Arizia. Sementara itu, pada sesi pertama mereka membawakan lagu dari luar negeri yang terdiri dari barogue dan romantic. Untuk memperlengkap, mereka juga menggunakan kostum adat daerah Aceh untuk laki-lakinya dan Bali untuk perempuan.
Konser anggota baru yang berjumlah sekitar enam puluh orang tersebut ditonton oleh kurang lebih 350 orang yang tidak hanya dari UM saja, melainkan dari kampus lain juga. Pada malam itu Wajah Baru Konser Paduan Suara turut menggundang orang tua dari anggota baru tersebut. “Untuk keseluruhan sih bagus, apalagi pada saat membawakan lagu Janger dari Bali itu yang disertai dengan koreografi menambah bagus penampilan mereka”, ungkap salah satu penonton.
“Jika konser dahulu semua anggota naik ke atas panggung dan menyanyi bersama, tapi kali ini kami membaginya dalam dua sesi. Jadi, tidak semua anggota semuanya menyanyi”, tambah mahasiswi angkatan 2013 tersebut. Pada akhir konser, ditutup dengan semua anggota junior maupun senior naik ke atas panggung dengan membawakan lagu Di Atas Awan.Shintiya