Sosialisasi Diri Remaja dan Efeknya terhadap Perilaku

Oleh : Catur Rika Aguspratiwi

Manusia dilahirkan dalam kondisi tak berdaya. Ia akan tergantung pada orang tua dan orang-orang yang berada di lingkungannya sampai waktu tertentu. Seiring dengan perkembangan waktu, seorang anak perlahan-lahan akan melepaskan diri dari ketergantungannya pada orang tua atau orang lain di sekitarnya untuk belajar mandiri. Sebagai proses awal pembelajarannya adalah bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Mereka yang mulai beranjak remaja, terlebih dalam pencarian identitas diri, akan mengalaminya, karena hal ini merupakan proses alamiah.
Sosialisasi diri yaitu proses seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukannya agar dapat berfungsi sebagai pemeran aktif dalam satu kedudukan atau peranan tertentu di masyarakatnya. Sosialisasi dapat juga diartikan sebagai pengalaman sosial sepanjang hidup yang memungkinkan seseorang mengembangkan potensi kemanusiaannya dan mempelajari pola-pola kebudayaan yang ada di lingkungannya.
Sosialisasi diri dibedakan menjadi dua, yaitu sosialisasi sempurna dan sosialisasi tidak sempurna. Sosialisasi sempurna terjadi bilamana pelaku atau remaja bisa memilah dan memilih mana yang baik atau yang buruk baginya, baik tindakan yang salah maupun yang benar yang harus dilakukannya. Dengan begitu, remaja tersebut dapat berkembang dengan kondisi fisik dan psikis yang baik sesuai dengan usianya. Namun, sedikit sekali di era globalisasi ini kita temui remaja yang bekembang dengan baik dan sempurna seperti tersebut di atas.
Sosialisasi sempurna sangat banyak manfaatnya bagi perkembangan remaja. Misalnya, remaja tersebut memiliki banyak teman, sehingga banyak pengalaman pula yang akan ia dapatkan. Dengan memiliki banyak kemampuan untuk memilah baik buruknya tindakan yang ia temui dalam sosialisasi, maka ia dapat mengembangkan kepribadian yang baik. Hal ini dapat terjadi karena lingkungan yang ia pilih untuk bersosialisasi pun merupakan lingkungan yang sehat dan baik.
Adanya sikap saling mengingatkan (care) antarsesamalah yang paling berpengaruh dalam terbentuknya kepribadian yang baik dalam sosialisasi ini. Selain itu, orang tua juga tidak akan resah terhadap sosialisasi yang dilakukan anaknya, karena mereka akan melihat sisi positif dari sosialisasi sang anak melalui sikapnya, baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Bahkan, orang tua akan cenderung bangga dan mendukung tindakan-tindakan sang anak selanjutnya.
Sebaliknya, sosialisasi yang tidak sempurna akan terjadi pada remaja yang selalu menelan mentah-mentah apa yang ia temui dalam bersosialisasi. Ia tidak memedulikan akibat yang terjadi jika ia melakukan tindakan sesuai dengan usianya. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Sudah bukan wacana baru lagi seorang remaja bertindak lebih dewasa dari yang seharusnya. Bahkan, merupakan suatu keharusan remaja saat ini bertindak jauh lebih dewasa.
Dampak sosialisasi ini sangat buruk bagi perkembangan remaja. Disam itu, juga sangat meresahkan orang tua dan masyarakat sekitar. Proses sosialisasi yang berjalan tidak sempurna ini dapat membentuk kepribadian yang menyimpang. Telah kita ketahui bersama bahwa remaja yang mencari identitas dirinya akan melakukan apa saja demi sesuatu yang belum ia ketahui. Rasa keingintahuan yang besar dan sikap yang selalu menelan mentah-mentah apa yang ia temui dalam bersosialisasi inilah yang membuat ia melakukan tindakan yang menyimpang.
Banyak sekali tindakan-tindakan yang diseabkan adanya sosialisasi yang tidak sempurna, antara lain terlibat tawuran dan pergaulan bebas. Pergaulan bebas yang semakn marak di kalangan remaja saat ini sangat meresahkan berbagai pihak. Hampir setiap hari kita dengar berbagai kasus tentang pergaulan remajayang semakin tidak bermoral di media massa. Bahkan free sex, minu-minuman keras dan keterlibatan dalam jaringan pemakai dan pengedar narkoba semakin menghantui masyarakat.
Mengatasi sosialisasi yang berjalan dengan tidak sempurna ini, dapat kita lakukan dengan berbagai cara, diantaranya yaitu tingginya peran keluarga sehingga seorang anak bisa mendapat perhatian dan dukungan moril yang besar dari keluarga. Dengan adanya hal tersebut, dimaksudkan sosialisasi anak akan lebih baik dan terarah, sehingga baik-buruk tindakan yang akan ia lakukan bisa dipikirkan secara masak. Karena ia tidak ingin membuat keluarganya kecewa akan apa yang ia lakukan.
Selain itu pendekatan diri pada Tuhan Yang Maha Esa juga sangat diperlukan. Hal ini dapat menjadikan remaja berpikir ulang untuk melakukan suatu tindakan yang buruk, karena ia tahu bahwa tindakan yang tidak benar atau menyimpang tersebut adalah dosa yang yang kelak harus ia pertanggung jawabkan. Pendekatan kepada Tuhan Yang Maha Esa ini seharusnya diajarkan oleh orang tua sejak dini. Sehingga dalam perkembangan menuju kedewasaannyam seorang anak sudah memiliki pegangan hidup, yakni tebalnya iman yang melekat pada dirinya.
Keselektifan dalam mencari teman juga memegang peranan yang sangat penting. Bagaimanapun juga, ketidaksempurnaan maupun kesempurnaan remaja dalam bersosialisasi sangat dipengaruhi oleh seorang teman. Baik buruknya teman kita, itulah yang menjadikan siapa kita nanti. Maka dari itu, kita harus benar-benar selektif dalam memilih siapa yang akan kita jadikan teman.
Melihat semakin parahnya penyimpangan perilaku remaja akibat dari sosialisasi yang tidak sempurna, kita sebagai warga masyarakat yang peduli terhadap perkembangan generasi muda, diharapkan lebih peka terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Terutama yang berhubungan dengan sosialisasi yang akjan dilakukan remaja dan dampaknya tehadap perilaku.
Tidak lepas dari semua itu, peran otang tualah yang sangat penting. Semakin besarnya perhatian dan penanaman nilai-nilai yang diberikan orang tua terhadap perkembangan sang anak terutama dalam tahap sosialisasi, akan menjadikan sang anak memiliki kepribadian yang semakin baik pula.

?Penulis adalah mahasiswa UM prodi Bimbingan dan Konseling angkatan 2008

This entry was posted in interaktif. Bookmark the permalink.

41 Responses to Sosialisasi Diri Remaja dan Efeknya terhadap Perilaku

  1. cynthia says:

    halooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo

  2. nida says:

    @ Cynthia
    Halo juga, salam kenal..

  3. bagus says:

    halo jg salam kenal ya …..

  4. nida says:

    @ Bagus
    Ok…

  5. DIONO says:

    haiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  6. DIONO says:

    hai ok”deh

  7. DIONO says:

    apa kabaaaaar

  8. DIONO says:

    sosialisasi diri remaja tu sangat penting but harus pandai memilah yg baik n yg buruk oke

  9. nida says:

    @ Diono
    Hallo Diono, kabar baik.

  10. nida says:

    @ Diono
    bijak sekali comment nya.hehe…

  11. Bayu says:

    Halooooooooooooooooooooooooooooooooooooo!
    Gw di Disini cuy

  12. AndieZa S says:

    Asssalam……Hai Malaysia pa kbar??
    Alhamdulillah dgn mlihat video ini hati sy tergugah untuk bsa menyelamatkan Remaja d Indonesia bhkan Dunia supaya lbih berakhlaqul karimah.

  13. muger says:

    Halo……..
    aq minta saran-a donk,rencana-a aq mau bt sosialisasi tentang kesehatan remaja buat anak sma,tp blm dpt tema yg tepat…
    mksh sblm-a.

  14. nida says:

    @ Muger: sekarang ini banyak sekali remaja yang terjebak dalam pergaulan bebas, mungkin dapat dijadikan salah satu alternatif tema.

  15. windy says:

    ehmmmmmmm……..sip

  16. 35 says:

    woeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeiiiiiiiiiiiiiiiiii……………………..

  17. bagus nie isi dan webnya….ajarin q bikin dunk….

  18. diana says:

    bagaimana cara kita sebagai pelajar SMA untuk bersosialisasi dlm menghadapi masalah-masalah REMAJA saat ini??

  19. Christianize says:

    bagaimana cara kita unutk menhadapi tingkah laku remaja seusia anak kelas 1 sma ini?

  20. iin says:

    mbag konzep.na d tlis ugg’ donkkkkkkk?????

  21. nida says:

    @ Iin: disini hanya artikelnya.

  22. À quoi bon ne pas débattre de l’attribut quel maîtrise le plus à cœur dispose pluralité fermer abonnés? le theme majeur des récents trimestres à l’idée de l’échange des modernismes;

  23. Come on over and discuss with my site . Tanks

  24. Visit X says:

    Die beste camgirls seite im Deutschland !!!!

  25. mirha cute says:

    youuuuuuupzzzzzzzzzzzz
    muancappppppppppp