hal10a

hal10b

Senin (26/10) Kru Majalah Komunikasi UM mengadakan kunjungan ke redaksi Jawa Pos. Bertempat di lantai empat Gedung Graha Pena Surabaya, kunjungan yang diikuti oleh 14 peserta ini bertujuan untuk memperdalam ilmu jurnalistik dan memperluas wawasan melalui pelatihan singkat yang dibimbing langsung oleh pakar. Acara dimulai pada pukul 14.30 WIB.
Acara yang dipandu oleh salah satu redaktur Jawa Pos, Bapak Kurniawan ini diawali dengan materi singkat tentang seluk beluk Jawa Pos dan dilanjutkan dengan tanya jawab. Dalam materinya, Bapak Kurniawan menjelaskan tentang beberapa hal, diantaranya mengenai pengenalan bagian dan tugas, sistem cetak dan distribusi, hingga penilaian terhadap kelayakan sebuah berita. “Kami memiliki patokan tersendiri untuk menguji nilai kelayakan sebuah berita yang biasa disebut dengan “rukun iman”. “Tapi itu ‘rukun iman’ itu merupakan rahasia dapur kami,” jelas redaktur yang menangani halaman utama Jawa Pos tersebut.
Acara  yang didampingi oleh beberapa dosen UM selaku penyunting majalah Komunikasi ini ini berlangsung santai, baik dalam materi maupun tanya jawab. Secara bergantian, kru komunikasi mengajukan pertanyaan seputar Ilmu jurnalistik. Di penghujung acara, ditayangkan video profil Jawa Pos. ?Yas