7Siapa yang tidak tahu tentang film animasi? Film animasi atau sering dikenal dengan  kartun, hampir semua orang  pernah melihat maupun menikmatinya. Banyak hal yang membuat jenis film ini menarik. Karakter-karakter di dalam film yang lucu, cerita yang menghibur, serta tingkah konyol tokoh di dalam film mampu membuat orang tertawa. Hal ini menjadikan film animasi termasuk film faforit baik itu ditonton sendiri atau ditonton bersama dengan keluarga. Dibalik cerita yang lucu nan menghibur, tidak semua orang tahu kerumitan yang ada dalam proses pembuatan film ini.
Namun, siapa sangka, mahasiswa UM mampu membuat film animasi yang mampu tayang di salah satu stasiun televisi swasta nasional. Sebuah mahakarya mahasiswa UM yang dibilang cukup membanggakan. Tiga diantara mereka, yaitu Ricky Ramadhan S, Faris Arman, dan Widi Krisna W. Mereka adalah mahasiswa DKV FS UM.
Saya pun penasaran dengan film animasi garapan mereka dan mencoba untuk berbincang langsung dengan mereka. Kesempatan untuk bertemu dengan mereka pun ada. Namun sayang, saya hanya bertemu dengan Ricky dan Arman. Hal itu itu bukan halangan bagi saya untuk mencari tahu tentang karya mereka. Di Gedung E8 FS UM, saya bertemu dengan mereka untuk berbincang-bincang tentang karya mereka.
Kukurokcyou, itulah nama animasi buatan mereka. Sebelumnya animasi karya mereka berjudul kukuruyuk, tetapi  dengan pertimbangan berbagai hal maka mereka mengubah nama animasi mereka menjadi kukurockyou. Pengambilan judul kukurockyou tidak sembarangan. Asal mula nama kukurockyou sendiri berasal dari cerita yang diangkat oleh animasi ini, yaitu seekor ayam yang terobsesi menjadi seorang rock star. Maka diambilah kata kukuruyuk dan rock. Maka jadilah sebuah judul dari perpaduan dua kata tersebut, yaitu Kukurockyou.
Animasi ini bertemakan khas Indonesia, yaitu menggunakan karakter ayam. Dalam animasi   ini, dipilih karakter ayam dikarenakan banyak hal. Salah satu alasannya adalah ingin menonjolkan sisi khas dari Indonesia. Dimana semua karakter yang digunakan dalam film ini menggunakan karakter ayam setiap daerah. Tokoh utamanya, yaitu Jagur. Karakter utama Jagur menggunakan ayam petarung dari Jawa. Seekor ayam yang terobsesi untuk menjadi seorang bintang rock terkenal. Ada juga karakter lainya adalah pak Kate. Ayam khas Indonesia yang berukuran kecil. Adapun karakter lainya, yaitu ayam petarung dari Bali. Bentuk lain dari kekhasan Indonesia adalah setiap karakter yang berperan di dalam film animasi ini banyak menggunakan logat kedaerahan, sesuai dengan logat dimana karakter tersebut berasal. Seperti logat batak, logat bali, dan logat jawa.
Saya penasaran kenapa animator dalam pembuatan film ini menjadikan ayam sebagai tokoh utama. Mereka pun menjelaskan alasan mereka untuk menjadikan ayam sebagai karakter utama dalam pembuatan animasi ini. “Awal munculnya animasi ini karena dulu yang populer adalah hewan, salah satu hewan yang paling populer dan paling dekat dengan Indonesia adalah ayam, ”ungkap Ricky memaparkan alasan tim mereka memilih ayam sebagai karakter utama.
Awal proses pembuatan animasi ini dimulai tahun 2011. Setelah melalui beberapa proses yang cukup panjang akhirnya animasi ini tayang di stasiun televisi nasional pertengahan 2014. Penayangan animasi ini mendapat banyak respon dari penonton. Terutama tentang respon positif, yaitu berupa support serta saran kepada tim animator kukurockyou. Namun, dalam proses penayangan animasi ini muncul masalah yang membuat animasi ini berhenti tayang. Hal ini dikarenakan ketidaksiapan industri pertelevisian Indonesia untuk menerima film animasi. Ketidaksiapan dari pertelevisian di Indonesia adalah mereka menyamakan film animasi dengan sinetron. Mereka meminta setiap minggu harus ada satu episode. Namun, kendala ini tidak dapat diantisipasi. Animasi itu tidak sederhana, yang pasti setiap orang yang mempelajari animasi  pasti mengenal frame. 1 detik animasi membutuhkan 24 gambar. Setiap gambar itu membutuhkan waktu pembuatan berjam-jam. Namun, hal itu tidak membuat mereka untuk berhenti berkarya. Kukurockyou rencana kedepannya akan dijual ke salah satu produksi film ternama dunia, yaitu nicklodeon.
“Segera belajar, karena siapapun mampu bergelut di dunia animator apabila dia niat serta bersungguh dan tekun,” pungkas Arman. Ia juga berpesan “Bekerjalah dengan sesuatu yang Anda cintai, apabila kita bekerja degan sesuatu yang Anda cintai maka akan memberikan seratus persen dari kita untuk pekerjaan”. Pengalaman yang sangat menarik bagi saya untuk sharing banyak hal tentang dunia animasi dengan mereka berdua.Rodli