Resimen Mahasiswa (Menwa) 805 Wira Cendekia Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan Gelora Wira Tri Acita se-Malang Open yang ketiga kalinya, acara ini merupakan agenda dua tahunan yang diadakan oleh Menwa UM. Dibuka di lapangan A2 UM, Sabtu (26/01) oleh Wakil Rektor III UM, Dr. Mua’arifin, M.Pd., acara tersebut berlangsung sangat meriah. Gelora Wira Tri Acita terdiri dari tiga jenis lomba, meliputi Kreasi PBB,Tari, dan cerdas cermat dengan mengangkat tema ‘Spektrum Gemilang Emas’.
Terik matahari tidak menghalangi semangat peserta lomba yang terdiri dari siswa SMA dan SMP untuk menunjukkan kreasi PBB terbaiknya di tengah lapangan A2. Sedangkan lomba tari dilaksanakan di aula Ki Hadjar Dewantara, lantai 7 Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Ada pula lomba cerdas cermat yang dilaksanakan di lantai 6 ruang 607 dan 608 gedung I1 (FIS).
Perlombaan yang diadakaan tiap tahun ini memiliki perbedaan dengan tahun sebelumnya, yakni dibukanya pendaftaran tingkat SMP/sederajat untuk cabang kreasi PBB dan cerdas cermat, selain itu ada penambahan piala tetap oleh panitia. “Antusias perlombaan tahun ini meningkat, sebenarnya kami membuka kuota untuk kreasi PBB maksimal 25 tim tiap tingkat, namun karena pada tingkat SMA banyak yang tertarik, akhirnya kami menambah kuota menjadi 30 tim untuk SMA dengan persetujuan official,” ujar Yogi, komandan Menwa UM.
Perlombaan yang dirancang oleh 58 panitia ini memperebutkan piala tetap sebanyak 47 piala dengan berbagai kategori. Juri dalam perlombaan PBB didatangkan dari tiga matra Tentara Nasional Indonesia (TNI), meliputi Rindam V Brawijaya/TNI Angkatan Darat (AD), Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud), dan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal). Perlombaan berlangsung dengan lancar dan kompetitif. Senada dengan hal itu, M. Budiharto Hidayat, salah satu peserta dari SMAN 1 Tuban mengatakan bahwa perlombaan ini bergengsi dan pesertanya bagus-bagus, jadi sangat menantang. Tidak hanya itu, lomba cerdas cermat pun berlangsung sengit. Materi cerdas cermat meliputi bendera, kemerdekaan, dan seputar materi PPKn. “Pertanyaannya banyak yang menjebak dan banyak saingannya,” ungkap Elina, peserta dari SMK Penerbangan Angkasa Singosari Malang.
Tidak ketinggalan pula, kompetisi tari yang dilaksanakan di aula lantai 7 FIS berlangsung sangat memukau. Para peserta menampilkan kreasi tari sebaik mungkin demi menyumbang piala untuk sekolah masing-masing. Tampilan tari yang disuguhkan di depan juri dan penonton dilengkapi dengan kostum yang elegan. Ajang tari ini menjadikan Gelora Wira Tri Acita menjadi lebih meriah, “Ada tari dan cerdas cermat yang menjadikan sekolah kami tertarik untuk mengirimkan 1 pleton untuk semua cabang, baru pertama kali ikut lomba PBB ada tarinya juga,” jelas salah satu peserta cabang tari, Uswatun Hasanah dari SMAN 1 Panggul Trenggalek.
Gelora Wira Tri Acita ini berakhir sore hari, dilakukan penutupan dan penyerahan piala di lapangan A2 pukul 16.00 WIB. Juara umum kategori SMA dimenangkan oleh SMK Penerbangan Malang tim B, sedangkan untuk juara umum kategori SMP diraih oleh SMPN 21 Malang tim B. Acara ditutup dengan rasa sukacita, baik dari peserta maupun panitia. Yogi, komandan Menwa UM 2018 berharap Gelora Wira Tri Acita IV dapat terlaksana kembali dengan tingkat Jawa Timur.Nikma